Masih 'Nyusu' ke APBD, Pj Walikota Pekanbaru Lelang Jabatan Direksi PT SPP

Masih 'Nyusu' ke APBD, Pj Walikota Pekanbaru Lelang Jabatan Direksi PT SPP

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, pada Oktober 2023 ini akan melakukan lelang jabatan untuk memilih direksi PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP). Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik pemerintah kota ini tengah dievaluasi.

Pasalnya, BUMD tersebut belum memberikan kontribusi bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru. Bahkan, PT SPP disebut masih 'menyusu' alias memakai anggaran APBD Kota Pekanbaru untuk operasionalnya.

Karena itu, Pemko Pekanbaru berencana akan melakukan lelang jabatan atau Open Bidding untuk jajaran direksi PT SPP pada Oktober mendatang.

"Saya memang dengan asisten II dan sekda lagi mengevaluasi BUMD di Kota Pekanbaru. InsyaAllah Oktober ini habis, PT SPP ini akan kita buat open bidding," kata Muflihun, Rabu (24/5).

Ia menegaskan, evaluasi ini tidak berkaitan dengan siapa orang yang duduk dan akan duduk nantinya. Namun, dirinya ingin PT SPP itu dikelola secara profesional dan mampu memberikan kontribusi bagi APBD Kota Pekanbaru.

"Kita di sini tidak ada bicara siapa dia, siapa lu. Ketika dia dibuka untuk umum, dia duduk, dari mana pun dia, itu kita terima. Dengan catatan dia bisa menjadikan BUMD ini sebagai penopang APBD Kota Pekanbaru. Bukan lagi SPP ini menyusu di APBD Kota. Tapi bisa memberikan kontribusi untuk pemko Pekanbaru," tegasnya.

Muflihun menyebut, sampai saat ini PT SPP belum memberikan kontribusi untuk APBD Kota Pekanbaru. BUMD ini masih membebani APBD Pekanbaru. Karena itu, dirinya mengevaluasi BUMD tersebut.

"Ini (PT SPP) sampai sekarang kami melihat dengan pak sekda kemarin belum ada kontribusi untuk APBD Kota Pekanbaru. Jadi ini kita evaluasi terus, agar lebih baik," jelasnya.

Ia mengatakan, evaluasi ini tidak ada intervensi siapa pun. Dirinya mengaku hanya ingin BUMD tersebut dikelola dengan profesional.

"Tidak ada intervensi siapa-siapa, tapi ingin bagaimana ini profesional. BUMD ini ada untuk berkontribusi bagi APBD Pekanbaru," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index