Realisasi APBD Pekanbaru TW I Sudah 19 Persen, Ada OPD yang Masih Rendah

Realisasi APBD Pekanbaru TW I Sudah 19 Persen, Ada OPD yang Masih Rendah
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Capaian realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada Tri Wulan (TW) I sudah diangka 19 persen lebih. Capaian itu dinilai baik lantaran hampir mencapai target yang ditetapkan.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, bahwa realisasi APBD Pekanbaru sesuai dengan target. Sementara target realisasi APBD pada TW I sebesar 20 persen.

"Realisasi APBD kita sesuai dengan target. Jadi kalau di TW I itu realisasinya 20 sekian persen, dan kita sudah mencapai 19 persen lebih, artinya bobot realisasi kita tidak jauh dari target yang akan dicapai di TW I," kata Indra Pomi, Senin (22/5).

Menurutnya, realisasi APBD Pemko Pekanbaru ini akan meningkat lada TW II ini. Pasalnya, sejumlah kegiatan pada TW II sudah dilakukan sejak TW I.

"Realisasi di TW II ini akan lebih cepat, karena pengerjaan, persiapan ini sudah dilakukan di TW I, jadi TW II tinggal pelaksanaannya saja," terangnya.

Ia menuturkan, meski realisasi APBD pada TW I sesuai target, akan tetapi masih ada beberapa OPD yang masih rendah realisasinya.

"OPD yang masih rendah ada beberapa ya, mungkin itu berkaitan dengan pelaporan, jadi kita monitornya itu dari aplikasi EKA (evaluasi kinerja anggaran). Di situ ada beberapa dari OPD dan kecamatan yang bobotnya masih di bawah 15 persen," jelasnya.

Pihaknya juga sudah melakukan evaluasi terhadap OPD dan kecamatan yang realisasinya masih rendah. Pihaknya juga akan kembali melakukan evaluasi OPD tersebut.

Sebelumnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2023 Kota Pekanbaru telah disahkan sebesar Rp2,699 Triliun. Untuk APBD Kota Pekanbaru tahun 2023 ini mengalami kenaikan sebesar 5,45 persen jika dibandingkan dengan APBD tahun 2022.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index