Disperindag Intens Komunikasi dengan PLN Terkait Pemasangan Meteran Listrik Kios Pasar Cik Puan

Disperindag Intens Komunikasi dengan PLN Terkait Pemasangan Meteran Listrik Kios Pasar Cik Puan
Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Riauaktual.com - Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) berupaya melakukan komunikasi dengan pihak PLN agar bisa segera memasang meteran listrik di kios sementara Pasar Cik Puan.

Hal ini dilakukan agar ratusan kios segera dialiri listrik, dan pedagang Pasar Cik Puan bisa kembali beraktivitas. Saat ini pedagang masih enggan tempati kios karena permasalahan tunggakan listrik.

"Setiap hari kita melakukan komunikasi, pemasangan jaringan sudah terpasang. Tapi meteran belum, padahal kita sudah melakukan survei bersama PLN," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Senin (22/5).

Ia menuturkan, bahwa pemerintah kota sudah menyiapkan anggaran untuk pemasangan meteran listrik. Ia juga mempertanyakan kendala apa sehingga meteran belum juga terpasang hingga kini.

"Saat ini tinggal dari PLN saja, mereka tinggal pasang saja lagi. Kan sudah survei sama-sama di lapangan," terang Ami sapaan akrabnya.

Pihaknya hingga kini intens melakukan komunikasi dengan PLN agar meteran listrik segera dipasang di kios sementara. Ia berharap PLN bisa segera memasang meteran listrik.

Apalagi anggaran untuk pemasangan meteran listrik di kios sementara Pasar Cik Puan sudah dianggarkan. Ia berharap PLN bisa membedakan pemasangan meteran listrik dengan tunggakan tagihan listrik para pedagang.

Pemerintah kota pun berharap PLN bisa memilah keduanya karena itu hal yang berbeda.  Mereka tidak bisa mengaitkan kedua hal itu sehingga terjadi kendala pemasangan meteran listrik.

"Itu ada perbedaan antara hutang pedagang dengan pemerintah pasang baru, ya kan. Itu kan hal berbeda, kenapa dikaitkan," jelasnya.

Ami menyampaikan bahwa pemerintah kota tentu siap membantu sebisanya. Ia bakal membantu mempertemukan PLN dengan pedagang yang masih berjualan tapi menunggak listrik.

"Kita akomodir, agar bisa dilunasi oleh pedagang, itu kita sampaikan. Kita tidak bakal tahan kiosnya, tapi lunasi segera tagihan PLN," ungkapnya.

Untuk diketahui, total tunggakan hutang listrik pedagang lama Pasar Cik Puan mencapai Rp109 juta. PLN meminta Pemko Pekanbaru agar melunasi tunggakan tersebut, dan baru kemudian akan memasang meteran listrik di kios sementara. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index