Perbaikan Jalan Parit Indah Mulai Tahap Rekayasa Lapangan

Perbaikan Jalan Parit Indah Mulai Tahap Rekayasa Lapangan
Plt Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah saat meninjau Jalan Suka Karya beberapa waktu lalu

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai melakukan perbaikan ruas Jalan Parit Indah, Kecamatan Bukit Raya. Ruas Jalan ini bakal dilakukan overlay atau pelapisan ulang aspal.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, saat ini tahap perbaikan masih tengah rekayasa lapangan. Dinas sudah melakukan Entry Meeting dengan pendamping dari Kajari bahkan sudah ekspos dan tinggal eksekusi di lapangan.

"Kalau sudah rekayasa lapangan sudah mulai tu, tetapi kan ada beberapa langkah yang harus dilakukan," ujar Edu sapaan akrabnya, Jum'at (19/5/2023).

Menurutnya, proses overlay segera dilakukan pada ruas jalan ini. Tidak hanya melakukan perbaikan jalan, pihaknya juga akan melakukan pembenahan pada parit jalan.

Nantinya parit di Jalan Parit Indah itu juga akan dilakukan penarikan sedimen dan mengalirkan jalur paritnya. Kemudian, akan ada beberapa titik akan dinaikkan levelnya karena saat ini badan jalannya lebih tinggi dari jalannya sehingga dinaikkan agar air bisa dibuang ke kiri dan kanan parit.

"Apalagi pembangunan toko ruko yang disepanjang jalan itu udah lebih tinggi dari badan jalan makanya air tergenang ke arah badan jalan sehingga menyebabkan jalan cepat rusak. Untuk itu nantinya akan dilakukan pengerukan atau penarikan sedimen sehingga air tidak lagi tergenang ke badan jalan," jelas Edu.

Edu menambahkan, untuk panjang jalan yang akan dioverlay lebih kurang 2 kilometer. Untuk penanganan ada tiga angka, untuk yang pertama itu 1.680 x 11 Meter untuk yang dari Jalan Sudirman, kemudian ada yang 318 x 6 Meter dan selanjutnya 50x7.5 Meter. Untuk pagu anggaran perbaikan Jalan tersebut mencapai Rp5,3 Miliar.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index