Tunggakan Listrik Kios Cik Puan, Pemko Pekanbaru Harapkan Profesionalitas PLN

Tunggakan Listrik Kios Cik Puan, Pemko Pekanbaru Harapkan Profesionalitas PLN
Kios sementara Pasar Cik Puan

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meminta pihak PLN untuk bersikap profesional. Hal ini seiring PLN belum kunjung mengaliri listrik ke kios sementara Pasar Cik Puan yang baru saja dibangun Pemko Pekanbaru.

Pihak PLN belum memasang meteran listrik ke ratusan kios sementara Pasar Cik karena adanya tunggakan listrik pedagang yang lama. Masih ada tunggakan listrik dari pedagang lama yang nilainya mencapai Rp109 Juta.

"Kita harapkan PLN ini bisa profesional. Bisa tagih piutang by name by address nya. Coba lah PLN tagih sendiri. Karena yang berhutang pedagang lama, ada yang pindah, ada yang sudah meninggal," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Jumat (12/5/2023).

Pihaknya sudah terima surat jawaban resmi dari PLN terkait permohonan pemasangan meteran listrik baru di Cik Puan. Ada tiga poin yang disampaikan dalam surat tersebut. Yang pertama Pasar Cik Puan adalah pasar tradisional yang sudah berlistrik sebelumnya. Poin kedua Pasar Cik Puan masih memiliki tagihan piutang yang belum diselesaikan. Dan poin ketiga adalah PLN akan menerima permohonan pasang baru jika ada penyelesaian piutang pelanggan.

"Yang mau saya sampaikan adalah ini tentu permasalahan yang berbeda. Itu adalah utang pedagang lama, tidak mungkin kami dari pihak Pemko yang membayarnya. Karena itukan utang pedagang lama, dan nilainya juga cukup besar yaitu mencapai Rp109 juta," terangnya.

Untuk itu, pihak Pemko Pekanbaru meminta PLN untuk profesional. Karena ini adalah permasalahan yang berbeda.

"Kalau untuk pemasangan baru ini, kami dari pihak Pemko yang membayar semuanya. Tapi kalau soal utang pedagang lama, tentu harus mereka yang menyelesaikan. Karena kan itu hutang mereka. Makanya minta minta PLN bersikap profesional dan mau memasang meteran listrik baru di kios Pasar Cik Puan ini," jelasnya.

Ia menambahkan, sejumlah upaya telah dilakukan pihaknya agar permasalahan ini ada jalan keluarnya. Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan PLN dan meminta agar listrik segera dipasang di kios baru.

"Kalau bisa segera, karena kasihan pedagang ini. Ketika dia mau pindah belum dialiri listrik, gelap. Kita serius untuk membangun Pasar Cik Puan ini, kita harapkan supaya PLN bisa profesional lah," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index