Razia Gabungan, Puluhan Gepeng Diangkut Satpol PP Pekanbaru

Razia Gabungan, Puluhan Gepeng Diangkut Satpol PP Pekanbaru

Riauaktual.com - Tim gabungan dari Dinas Sosial, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, menjaring puluhan gelandangan dan pengemis (gepeng) dalam razia yang digelar di beberapa titik, Senin (10/4/2023) sore.

Razia gabungan yang turut menyasar pak Ogah yang kian menjamur di u-turn atau putar balik arah ini dipimpin secara langsung oleh Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus bersama Kepala Satpol PP Zulfahmi Adrian dan Kepala Dishub Yuliarso.

Usai razia, Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus menyampaikan terima kasih kepada Kepala Satpol PP dan Kepala Dishub yang langsung turun melakukan penertiban.

"Untuk itu, kita ucapkan terima kasih kepada Kepala Dishub dan Kepala Satpol PP beserta jajaran yang telah turun bersama Dinas Sosial dalam rangka penertiban pengemis khususnya di lampu merah," ucapnya.

Disampaikan Idrus, adanya bantuan dari Dishub dan Satpol PP sangat membantu pihaknya dalam upaya meminimalisir gepeng khususnya menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M.

"Sejauh ini kita tetap turun, tapi memang hasilnya kurang maksimal. Alhamdulillah, hari ini karena kita sama-sama bergerak, hasilnya maksimal. Terbukti ada puluhan orang yang berhasil diamankan dan diangkut ke kantor Satpol PP," ujar dia.

Puluhan gepeng yang berhasil dijaring tersebut, terang Idrus, selanjutnya dilakukan pendataan dan diberikan pembinaan oleh pihaknya. Mereka juga diminta menandatangani perjanjian agar tidak kembali lagi ke jalan karena selain mengganggu ketertiban umum, tapi juga membahayakan keselamatan mereka sendiri.

"Kemudian kita juga akan carikan solusi nanti. Kalau dia betul-betul miskin, kalau ada bantuan, nanti kita salurkan bantuan," ungkapnya.

"Lalu kalau mereka belum terdata di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), kita akan usahakan mereka masuk DTKS sehingga ketika ada bantuan dari Pemerintah Pusat bisa tersalurkan kepada mereka," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index