Ketersediaan Bahan Pokok Cukup Hingga Idulfitri, Pekanbaru Alami Deflasi

Ketersediaan Bahan Pokok Cukup Hingga Idulfitri, Pekanbaru Alami Deflasi

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, pastikan harga bahan pokok di pasaran masih stabil. Belum ada kenaikan signifikan pada komoditi tertentu hingga pertengahan Bulan Ramadan ini.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, untuk ketersediaan bahan pokok sendiri juga diperkirakan masih cukup hingga lebaran Idulfitri nanti.

"Harga juga stabil. Sebenarnya di akhir bulan kemarin kita deflasi, artinya harga bahan pokok menurun dibandingkan sebelumnya sehingga terjadi deflasi," kata Indra Pomi Nasution, Minggu (9/4/2023).

Menurutnya, pemerintah kota bersama Forkopimda melakukan persiapan jelang lebaran Idulfitri tahun ini. Mereka memastikan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di pasaran. Namun, berdasarkan pantauan dinas terkait di lapangan masih kondusif.

Ia menjelaskan, Pekanbaru mengalami deflasi 0,17 persen pada akhir Maret. Hal ini dipengaruhi turunnya harga bahan pokok yang gampang bergejolak.  

"Ternyata, inflasi nasional juga mengalami penurunan 0,3 persen," terang Indra Pomi.

Menurutnya, inflasi dapat dikendalikan jika masyarakat mengatur pola belanja. Masyarakat cukup membeli keperluan sesuai kebutuhan.

"Jangan beli barang hanya untuk disimpan di rumah dalam jangka waktu tertentu. Agar, barang-barang yang tersebut juga bisa dibeli oleh keluarga lain," ungkapnya.

Sementara itu, deflasi itu disebabkan turunnya sejumlah harga bahan pokok tertentu mudah bergejolak. Bahan pokok mudah bergejolak itu antara lain, cabai, bawang, dan beras.

"Turunnya harga bahan pokok tertentu itu bukan karena daya beli masyarakat menurun. Daya beli masyarakat cukup baik. Hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,85 persen," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index