Mitigasi Interaksi Negatif, Tiga Gajah Jantan Digiring Menjauh Dari Kebun Warga Ukui

Mitigasi Interaksi Negatif, Tiga Gajah Jantan Digiring Menjauh Dari Kebun Warga Ukui
Tangkapan layar video tim gabungan yang melakukan upaya penggirangan satwa gajah menjauh dari kebun warga. (RA1).

Riauaktual.com - Tiga ekor satwa gajah Sumatera berjenis kelamin jantan digiring oleh itm gabungan ke lokasi yang sedikit menjauh dari area lokasi perkebunan warga, kini satwa yang dilindungi tersebut sudah berada di kawasan Sungai Siduan.

"Posisi gajah terakhir berada disepanjang anak Sungai Siduan yang masih didalam areal perkebunan PT Musimmas," jelas Kabid Wilayah II KSDA Riau Andri Hansen Siregar, Kamis (30/3/2023).

Penggirangan itu berlangsung selama dua hari, yakni sejak Rabu (28/3/20230 hingga Kamis (29/3/2023). Ketiga gajah tersebut digiring untuk menghindari konflik dengan masyarakat di Desa Air Mas Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

"Kita lakukan mitigasi interaksi negatif, sebelumnya berada di kebun sawit  warga di sekitar perusahaan tersebut," sambungnya.

Tim pun berupaya meminimmalisir konflik dengan manusia, yang pada akhirnya digiring ke areal HGU milik perusahaan sawit tersebut.

"Akhirnya satwa mengarah ke Sungai Air Hitam mengikuti anak Sungai Siduan. Tim melakukan blokade di titi terakhir agar gajah tidak berbalik arah," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index