Ratusan Pengungsi Rohingya Bakal Tempati Pekanbaru

Ratusan Pengungsi Rohingya Bakal Tempati Pekanbaru
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan persiapan pemindahan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru. Pemerintah kota bersama Forkopimda Pekanbaru telah melakukan rapat dalam rencana pemindahan ini.

Rencananya pemindahan bakal berlangsung pada bulan April 2023 ini. Total ada 152 orang pengungsi Rohingya yang bakal dipindahkan dan tinggal sementara di Kota Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, pemerintah kota berencana melakukan rapat lanjutan terkait pemindahan para pengungsi tersebut. Mereka bakal membahas teknis pemindahan dan tempat penampungan.

"Kita berdiskusi kembali dengan pemerintah pusat. Kita akan membahas terkait teknis pemindahan para pengungsi," kata Indra Pomi Nasution, Selasa (28/3/2023).

Menurutnya, saat ini persiapan tetap dilakukan dengan menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi selama berada di Pekanbaru. Pemindahan pengungsi nantinya diharapkan tidak menimbulkan permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Apalagi para pengungsi asal Rohingya punya potensi besar untuk kabur. Terbukti pada tahun 2022 silam puluhan pengungsi Rohingya melarikan diri dari akomodasi selepas pindah dari Aceh.

Awalnya jumlah pengungsi mencapai 119 orang, tapi saat ini hanya 64 orang yang berada di akomodasi khusus pengungsi di Pekanbaru.

Indra menambahkan, bahwa ada tanggapan dari UNHCR dan IOM terkait rencana pemindahan ini. Bakal ada rapat lanjutan lebih teknis tentang penanganan terhadap pengungsi. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index