Pasar Ramadan di Pekanbaru Tahun ini Capai 30 Lokasi

Pasar Ramadan di Pekanbaru Tahun ini Capai 30 Lokasi
Ilustrasi

Riauaktual.com - Pasar Ramadan di Kota Pekanbaru pada tahun ini mencapai puluhan titik. Ada 30 titik pasar yang menyebar di seluruh kecamatan pada momen bulan suci Ramadan 1444 H.

"Kita sudah siapkan draf SK atau surat keputusannya, saat ini sedang proses harmonisasi di bagian hukum Setdako Pekanbaru," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (21/3).

Surat keputusan terkait lokasi Pasar Ramadan di Kota Pekanbaru bakal tuntas dalam beberapa hari. Ia menyebut awalnya dinas menerima usulan dari seluruh kecamatan terkait lokasi Pasar Ramadan.

Mereka melakukan pemetaan terhadap lokasi yang layak sebagai Pasar Ramadan. Lokasi ini ditentukan setelah camat mendapat masukan dari masyarakat.

Pihaknya juga sudah melakukan pengkajian terhadap usulan lokasi Pasar Cik Puan dengan sejumlah pertimbangan.

"Kita tidak hanya menentukan lokasi saja, tapi juga mempertimbangkan lokasi parkir dan sisi keamanan," jelasnya.

Zulhelmi menyadari Pasar Ramadan ini merupakan satu momen tahunan yang tidak setiap bulan terjadi. Ia menilai keberadaan pasar ini tentu jadi kesempatan UMKM bisa berjualan aneka takjil untuk buka puasa.

Dirinya menyebut pemerintah berupaya mengatur lokasi Pasar Ramadan agar lebih tertata. Ia tidak ingin ada pungli di sekitar Pasar Ramadan yang menganggu kenyamanan pada pedagang dan pembeli.

Pihak juga berkordinasi dengan dinas kesehatan guna memastikan makanan maupun minuman takjil yang dijual layak konsumsi serta higienis. Ia tidak ingin nantinya ada pembeli di pasar tersebut malah sakit usai membeli takjil di sana.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index