DPRD Minta Polisi Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Mal Pelayanan Publik Pekanbaru

DPRD Minta Polisi Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Mal Pelayanan Publik Pekanbaru
Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru Terbakar

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri meminta polisi mengusut tuntas penyebab kebakaran Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Minggu (5/3/2023) pagi. Insiden ini dikatakan harus diusut tuntas agar tidak terulang kembali.

"Pastinya kita mendorong penegak hukum kita dalam hal ini kepolisian untuk bisa mengungkap, menyelidiki lebih dalam lagi apa penyebab dari peristiwa kebakaran. Apakah ini murni misalkan human error ataukah technical error atau seperti apa. Tim Forensik baiknya juga diturunkan," ucap Azwendi.

Azwendi menjelaskan, penyebab kebakaran ini harus diungkap agar tidak memunculkan anggapan adanya unsur kesengajaan atas peristiwa itu di tengah masyarakat. Apalagi kejadian ini merupakan kasus pertama sejak gedung itu berdiri.

"Gedung ini dulunya kantor Wali Kota, lalu dialihkan menjadi MPP. Pastinya soal keamanan dan sebagainya tidak mungkin asal -asalan. Ini harus diungkap agar tidak terjadi spekulasi-spekulasi liar di masyarakat karena peristiwa kebakaran ini," terangnya.

Berita Terkait : Breaking News : Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru Terbakar

Legislator Demokrat ini pun enggan berspekulasi lebih jauh terkait penyebab kebakaran sampai penyelidikan polisi rampung.

"Makanya kita berharap peristiwa (kali) ini, sudah ada kejelasan lewat apa, ya harus diselidikilah oleh pihak kepolisian. Tidak boleh dipandang enteng peristiwa begini, harus kita ketahui bahwa modus penyebab terjadinya kebakaran," tambah Azwendi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya kepulan asap hitam membumbung tinggi dari kawasan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman, Minggu (5/3/2023) pagi. Terlihat api besar membakar bagian atap MPP.

Berita Terkait : Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru Terbakar, Api Diduga Berasal Dari Gedung B

Dugaan sementara api berasal dari gedung B MPP Pekanbaru. Api diduga berasal dari ruangan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, yang berada di lantai dua gedung.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Akmal Khairi mengatakan belum mengetahui pasti sumber api. Namun diduga api berasal dari salah satu ruangan di lantai dua gedung.

"Saya baru dapat kabar. Kabarnya ada korsleting dari salah satu ruangan," kata Akmal Khairi.

Akmal mengaku saat ini dirinya tengah menuju ke lokasi kejadian untuk melihat kondisi MPP Pekanbaru. Pihak pemadam kebakaran juga sudah dalam perjalanan menuju ke lokasi kejadian.

Sementara itu, Kapolsek Sukajadi Kompol M Daud saat dikonfirmasi masih belum memberikan jawaban terkait apakah adakah korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index