Belajar Pola Pemasaran dan Pengembangan Produk UMKM, Bupati Siak Temui Bupati Pemalang

Belajar Pola Pemasaran dan Pengembangan Produk UMKM, Bupati Siak Temui Bupati Pemalang

Riauaktual.com - Bupati Siak, Alfedri, belajar pola pemasaran dan pengembangan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (28/02/2023).

Alfedri beserta rombongannya disambut hangat oleh bupati Pemalang, Mansyur Hidayat, ST disalah satu Hotel di kota tersebut.

Alasannya memilih kabupaten Pemalang sebagai Studi Tiru, karena semua produk UMKM di daerah tersebut laris manis dipasaran.

"Kami hadir ke sini, ingin mengetahui lebih dalam bagaimana pola pemasaran yang dilakukan Pemkab Pemalang, karena produk UMKM di sini, selain mudah didapat juga laris di pasaran," ungkap Alfedri.

Ia berharap, dengan informasi yang didapat bisa diterapkan di kabupaten Siak.

Karena menurutnya, kualitas dan rasa produk UMKM di daerah tersebut hampir sama. Namun yang ingin ditiru pola pemasaran dan kerjasama dengan multipihak, bagaimana.

"Produk unggulan UMKM di sini ada nanas madu, batik Pemalang, hasil inovasi sarung goyor yang di batik, dan beberapa jajanan khas Pemalang. Seperti tahu, kacang kletik randudongkal, apem semprong comal, apem wanarata dan manisan pepaya asal moga. Produk jajanan ini bisa di temui di Indomaret, ada outlet tersendiri," ujarnya.

Melalui studi tiru itu, Alfedri berharap kedepannya bisa diterapkan di Siak seperti lewat kemitraan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas daya saing UMKM, sekaligus dapat melakukan pembinaan terhadap branding packaging, dan marketing.

"Sehingga produk-produk UMKM kita dikenal oleh masyarakat, dan kedepannya mampu bersaing di dunia industri," terangnya.

Dalam studi tiru Pemkab Siak itu, bupati
Mansyur Hidayat menjelaskan untuk menggerakkan sektor UMKM di daerah tersebut pihaknya bekerjasama dengan lembaga keuangan, dan menyediakan stan diseytiap acara.

"Jadi, kami di sini kerjasama dengan pihak Bank, kemudian setiap acara seperti car free day kami pasarkan produk UMKM di kios-kios yang telah tersedia. Kemudian kerjasama dengan perusahaan," kata Mansyur Hidayat ke Alfedri.

Disamping itu, setiap acara rapat di Pemkab Bagian Umum selalu mengunakan produk UMKM lokal. Baik itu berupa makanan, minum dan juga souvenir untuk para tamu, dari pelaku usaha Pemalang.

"Agar pengunjung mudah mendapatkan produk UMKM, kami kerjasama dengan Indomaret," ujarnya.

Adanya outlet produk UMKM Pemalang di Indomaret ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Pemalang melalui Diskoperindag dengan PT Indomarco Prismatama.

"Kemitraan tersebut dimulai sejak akhir tahun 2021, dalam bentuk kurasi produk. Kami juga menyediakan grai-grai bagi pelaku UMKM di kota Pemalang," tambahnya ke bupati Siak.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index