Tugu Selais Pekanbaru Roboh, Dibangun Lagi Atau Diganti? Ini Saran DPRD

Tugu Selais Pekanbaru Roboh, Dibangun Lagi Atau Diganti? Ini Saran DPRD
Kondisi patung tiga ikan selais masih terkulai akibat patah

Riauaktual.com - DPRD Kota Pekanbaru berharap Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan sayembara pasca ambruknya Tugu Selais Tiga Sepadan beberapa waktu lalu. Yakni, apakah tetap membangun ulang atau mengubah pola salah satu ikon di Kota Pekanbaru tersebut.

"Kami sebagai wakil rakyat, kembalikan kepada rakyat. Harapan kami Pemko Pekanbaru melakukan sayembara. Apakah Tugu Selais ini tetap dipertahankan atau dibangun dengan pola yang baru," kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Nurul Ikhsan, Selasa (28/2/2023).

Nurul meminta Pemko Pekanbaru untuk terlebih dahulu mengundang forum masyarakat mulai dari tokoh adat serta tokoh masyarakat untuk dimintai pendapat soal ambruknya Tugu Selais yang ikonik di Kota Pekanbaru.

"Alangkah lebih baiknya meminta petuah dulu kepada tokoh adat hingga tokoh masyarakat. Apakah tetap membangun (tugu selais) atau menyulap menjadi area baru yang bisa menarik perhatian masyarakat luar kota agar bisa berkunjung ke Pekanbaru sehingga titik sentral itu menjadi ikon terbaru yang wajib dikunjungi," jelasnya.

Secara pribadi, Politisi Gerindra ini mengusulkan agar Tugu Selais Tiga Sepadan yang patah tersebut untuk disulap menjadi sebuah kawasan baru ikonik yang menonjolkan ciri khas Kota Pekanbaru.

"Ya, cobalah buat suatu pola atau area baru yang ikonik bagi kota Pekanbaru. Khususnya untuk anak-anak muda yang bakal menjadi pemimpin masa depan," ujar Nurul.

Sebagaimana diketahui, Tugu Selais Tiga Sepadan yang merupakan salah satu ikon Kota Pekanbaru yang berada di Jalan Sudirman, tepatnya di depan kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru ambruk, Kamis (23/2/2023).

Tugu Selais tersebut dibangun sewaktu masa kepemimpinan Herman Abdullah sebagai Wali Kota Pekanbaru dan diresmikan pada Juli 2011 lalu. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index