Jalan Dalam Kota Banyak Rusak, Pemko Pekanbaru Diminta Segera Koordinasi dengan Pemprov

Jalan Dalam Kota Banyak Rusak, Pemko Pekanbaru Diminta Segera Koordinasi dengan Pemprov
Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar dapat menjemput anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk mengatasi permasalahan perbaikan jalan protokol yang berlubang di Kota Pekanbaru. Hal ini ia sampaikan mengingat anggaran dari Pemko Pekanbaru masih belum cukup untuk menangani persoalan jalan rusak.

Ia menyebut, peluang Pemko Pekanbaru dalam mengambil anggaran itu sangat besar karena Pekanbaru merupakan pusat ibu kota dan menjadi percontohan pembangunan.

"Pemerintah Kota harus bisa mendorong terkait anggaran dari Pemerintah Provinsi maupun dari APBN. Peluang kita besar di Provinsi, karena di Provinsi sangat besar sekali anggarannya untuk perbaikan jalan dari ratusan miliar bahkan sampai satu triliun," kata Ginda, Senin (27/2/2023).

Ginda mengatakan, besarnya anggaran yang dimiliki Pemprov Riau, ada baiknya tidak disia-siakan oleh Pemko Pekanbaru. Oleh karena itu, Pemko Pekanbaru diminta sesegera mungkin melakukan koordinasi dengan Pemprov Riau agar anggaran itu dapat dimiliki.

"Pemerintah kota seharusnya bisa mengambil peluang ini supaya anggaran untuk perbaikan jalan itu turun di Kota Pekanbaru," ujarnya.

Meski Pemko Pekanbaru mendapat dana Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemprov Riau lebih kurang Rp13 miliar, Ginda menilai masih kurang jika dipergunakan untuk melakukan perbaikan akses jalan di Kota Pekanbaru.

"Untuk Bankeu lebih kurang Rp13 Miliar, kita sebagai baromoter setidaknya itu ada penambahan nol dibelakangnya, jadi Rp130 Miliar. Karena juga bisa memberikan solusi perbaikan jalan-jalan itu, apakah nanti untuk penambalan jalan atau membuat jalan baru, yang mana itu dapat menaikan taraf ekonomi dari sisi lainnya bagi masyarakat," jelasnya.

Diterangkan Ginda, DPRD Kota Pekanbaru siap membantu apabila Pemko Pekanbaru membutuhkan bantuan dalam mendapat tambahan anggaran. Sebab, legislatif bisa melakukan koordinasi dengan legislatif dilingkungan DPRD Provinsi Riau maupun DPR RI.

"Sebaiknya Pemko tidak hanya dengan Dinas nya saja, kami dari DPRD juga siap mendorong ke Provinsi berkoordinasi dengan legislatif ataupun dengan DPR RI, peluang itu yang harus kita tangkap. Dengan Pemko saja itu belum tentu maksimal, bisa lebih maksimal lagi jika kita bersama," paparnya.

Politisi Gerindra ini juga berpesan agar segala bentuk pekerjaan yang dimiliki Pemko Pekanbaru itu ada baiknya tersinkronisasi dengan pekerjaan Pemprov Riau maupun Pemerintah Pusat. Hal ini bertujuan agar apa yang telah dikerjakan berjalan secara berkesinambungan yang jatuhnya kepada adanya pemeliharaan.

"Yang paling penting itu komunikasi. Program strategis itu seharusnya sudah masuk kedalam program dan sinkronisasi program dengan pemerintah pusat," pungkas Ginda.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index