Mulai Dikerjakan, Perbaikan Tugu Selais Diperkirakan Capai 2 Bulan

Mulai Dikerjakan, Perbaikan Tugu Selais Diperkirakan Capai 2 Bulan
Kondisi patung tiga ikan selais masih terkulai akibat patah

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera melakukan perbaikan terhadap Tugu Selais Tiga Sepadan, di Jalan Jendral Sudirman. Perbaikan dilakukan terhadap tiga tapak patung ikan yang patah saat ini.

Kondisi patung tiga ikan selais masih terkulai akibat patah. Rencananya perbaikan bakal dilakukan di lokasi tugu yang menjadi ikon Kota Pekanbaru ini.

Perbaikan tugu ini butuh waktu sekitar satu hingga satu bulan setengah agar patung tiga ikan selais bisa kembali berdiri seperti semula.

"Kalau untuk berapa lama waktunya, lama juga lah perbaikannya. Sekitar satu bulan atau satu bulan setengah," terang Kepala Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Langgeng, Minggu (26/2).

Menurutnya, perbaikan tugu hingga bisa kembali berdiri seperti semula cukup rumit. Ada sejumlah bagian yang kembali disambungkan. lamanya proses perbaikan ini selain karena secara teknis sedikit sulit, juga dipengaruhi faktor cuaca yang sering hujan.

"Jadi memang agak susah karena di dalam (tugu Ikan Selais) agak sempit, di atas itu sempit jadi agak lama untuk dilakukan perbaikannya. Selain itu juga kan harus ngecat lagi, terus fiber itukan harus yang panas. Kalau musim mendung ini kan susah keringnya. Jadi faktor cuaca sangat penting dalam perbaikan tugu selais ini," jelasnya.

Ia menuturkan, jika tidak ada halangan siang ini pihaknya akan mulai lakukan perbaikan. Tahap awal akan dibangun Scaffolding di sana untuk pijakan.

"Jadi perbaikan akan dilakukan di tempat. Makanya kami buat dulu Scaffolding hari ini, siang lah. Untuk semua alat akan dibawa ke lokasi perbaikan. Setelah Scaffolding sudah berdiri, tugu ikan selais itu kita dirikan dulu," ungkapnya.

"Setelah didirikan, di dalamnya itu kita ganti besinya, kita las baru kita perbaiki. Itukan fiber. Itu fiber kan sudah patah, nah itu kita berdirikan baru besinya kita las, setelah sudah berdiri baru ikannya kita sisip pakai fiber lagi. Dan untuk selanjutnya baru dilakukan pengecatan," ulasnya.

Sebelumnya Tugu Selais Tiga Sepadan yang berada di Jalan Jendral Sudirman, tepat di depan komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru patah. Salah satu ikon Kota Pekanbaru ini diketahui rusak sejak, Kamis (23/2) pagi.

Dari pantauan di lapangan, bagian tugu yang rusak tepat pada tapak patung ikan Selais. Ketiga tapak patung ikan Selais patah dan menjuntai ke bawah.

Air mancur yang mengelilingi tugu juga tampak tidak menyala. Kondisi patung ikan Selais patah ini masih menggantung di atas tugu. Patahnya tugu patung Selais ini juga viral di media sosial Instagram. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index