Pemerintah Diminta Segera Bangun Kembali Pasar Cik Puan yang Terbakar Secara Permanen

Pemerintah Diminta Segera Bangun Kembali Pasar Cik Puan yang Terbakar Secara Permanen
Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ir Nofrizal MM

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ir Nofrizal MM mengaku miris melihat Pasar Cik Puan kembali mengalami kebakaran untuk keenam kalinya. Musibah kebakaran ini tentunya membuat nasib para pedagang di pasar ini beberapa hari ke depan tidak bisa berjualan.

Ia pun menyarankan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk bisa membangun Pasar yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai tersebut secara permanen.

"Saya secara pribadi berempati terhadap musibah yang dialami pedagang yang ada di Pasar Cik Puan. Harapan saya, Pemko segera ambil sikap menyelamatkan para pedagang dengan membangunkan TPS sementara lagi untuk dapat kembali berjualan meski darurat," kata Nofrizal, Jum'at (24/2/2023).

Nofrizal mendorong Pemko Pekanbaru untuk memikirkan agar Pasar Cik Puan yang berada di Jalan Tuanku Tambusai ini untuk dibangun secara permanen dan lebih safety bagi pedagang kedepannya.  

"Kalau dilihat sejarahnya, pasar ini paling sering kena musibah kebakaran dan pasti pedagang mengalami kerugian besar. Sebelum kena musibah, semua itu kalau tidak salah TPS sementara dan sebelumnya juga TPS sementara. Jadi sampai kapan pedagang ini berjualan di TPS sementara itu, ini harus dipikirkan oleh Pemko," jelasnya.

Nofrizal meminta Pemko Pekanbaru agar memberikan kepastian untuk membangun Pasar Cik Puan secara permanen.

"Buat solusi kongkrit, untuk pembangunannya itu pemerintah harus terlebih dahulu membuat kajian akademis  yang kongkrit dan independent dengan melibatkan lembaga yang kredibel serta bisa dipercaya," terangnya.

Politisi PAN ini menerangkan, para pedagang Pasar Cik Puan yang menjadi korban dari musibah kebakaran ini sangat berharap action cepat. Ditambah lagi, saat ini mulai memasuki bulan suci Ramadhan.

"Tentu mereka (pedagang) ingin segera kembalu beraktifitas layaknya sebelum musibah," tutup Nofrizal.

Untuk diketahui, Pasar Cik Puan yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai ini sudah 6 kali terbakar. Kebakaran pertama terjadi pada tahun 2009, kedua 2011, ketiga 2012, keempat 2013, kelima 2015, serta terakhir Minggu (19/2/2023) kemarin.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index