Forum Perangkat Daerah, Dinas PUPR Bengkalis Paparkan Program Prioritas 2024

Forum Perangkat Daerah, Dinas PUPR Bengkalis Paparkan Program Prioritas 2024
Forum Perangkat Daerah

Riauaktual.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2024, Selasa (21/2/2023) di aula Dinas PUPR Jalan Pertanian Bengkalis.

Dalam Forum tersebut, PUPR lebih dulu memaparkan pencapaian kinerja Tahun 2022. Kemudian dilanjutkan pemaparan program pembangunan Tahun 2024 mendatang disampaikan Sekretaris PUPR Erdila Fitriadi.

Diantara pencapaian kinerja 2022 yang telah dilakukan PUPR yakni panjang peningkatan jalan yang di bangun 40,39 KM, pembangunan jembatan 2 unit, panjang jalan yang dipelihara 167,95 KM, pemeliharaan jembatan 45 unit, pembangunan sanitasi 415 unit dan pembangunan drainase 16.575 Meter.

Kemudian pembangunan perkuatan tebing 2.119 meter, pembangunan pengaman pantai 3.180 meter, normalisasi sungai  154.045 meter, pembangunan pintu air 4 unit dan normalisasi saluran irigasi 5.340 meter.

Setelah memaparkan capaian kinerja Tahun lalu, Dinas PUPR mengekspos pembangunan yang akan dilakukan pada Tahun 2024 dengan nilai lebih kurang Rp 1 triliun.

Arah pembangunan tersebut menurut Kepala Dinas PUPR Ardiansyah masih memprioritas penyelesaian jalan poros. Hal itu untuk menunjang perekonomian masyarakat.

“Kalau sampai saat ini kita masih berpegang pada akses jalan poros untuk mengkoneksikan antar kecamatan antar desa untuk meningkatkan perekonomian,” ucap Ardiansyah.

Disebutkan, Forum Perangkat Daerah itu merupakan kegiatan penting. Tujuannya adalah untuk mensinkronkan pembangunan sesuai kebutuhan di tengah masyarakat. Pun demikian program pembangunan di lakukan tetap berpegang atau mengacu ke RPJMD yang telah ditetapkan Bupati Bengkalis.

“Hari ini, beberapa unsur OPD, Camat dan DPRD kita undang. Gunanya sebagai masukan ke PUPR dalam rangka menyempurnaan usulan pembangunan Tahun 2024. Sehingga kita mengetahui apa saja kebutuhan yang ada di desa atau di kecamatan masing-masing. Kita padukan dengan keinginan dari PU yang berorientasi dan berpegang kepada RPJMD yang ditetapkan oleh Bupati dan DPRD,” katanya lagi.

Kendati jalan poros masih menjadi hal prioritas dalam program PUPR, kegiatan pembangunan lain tetap dilakukan. Seperti program pengelolaan SDA, program pegelolaan dan pemgembangan sistem penyediaan air minum, pengelolaan persampahan, drainase, pembangunan gedung, pengembangan jasa kontruksi dan penyelenggaraan penataan ruang.

Dikesempatan itu, Ardiansyah menyampaikan, Pemkab Bengkalis mendapatkan anggaran dari APBN Tahun 2023 untuk pembangunan jalan poros pulau Rupat Rp300 miliar.

Hadir dalam Forum Perangkat Daerah Dinas PUPR, Ketua Komisi II DPRD H. Adri, Wakil Ketua Komisi II Rubi Handoko, Anggota Komisi II Zamzami, Tim Percepatan Pembangunan Daerah Suparjo dan Mustafa Kamal, Sekretaris Bappeda Muhammad Firdaus dan Camat se Kabupaten Bengkalis.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index