Ini Penyebab 2,3 Ton Ikan Mas Mati di Danau PLTA Kampar, Riau

Ini Penyebab 2,3 Ton Ikan Mas Mati di Danau PLTA Kampar, Riau
Foto: Ikan-ikan mas petambak di PLTA Koto Panjang mati (dok Pj Bupati Kamsol)

Riauaktual.com - Ikan mas milik petambak di PLTA Koto Panjang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau banyak mati sejak 3 pekan terakhir. Ikan-ikan mati dengan kondisi luka dan pecah.

Petambak ikan mas di PLTA Koto Panjang Kampar, Riau harus merugi. Kondisi ini lantaran ribuan ikan siap panen mati mendadak akibat terserang penyakit.

Kabar tewasnya ribuan ikan di keramba jaring apung itu, telah sampai ke Penjabat (Pj) Bupati Kampar, Kamsol.

"Sudah ditindaklanjuti beberapa mingu lalu. Mulai 12 Januari kemarin dan sudah dicek ke labor perikanan, sudah ditangani," ucap Kamsol, Rabu (1/2/2023) kemarin.

Kamsol menyebut hasil pemeriksaan labor ikan-ikan milik petambak diduga kuat mati akibat penyakit aeromonas. Di mana ikan mati dengan kondisi mudah terluka hingga pecah-pecah.

"Kena penyakit aeromonas. Itu semua di media keramba jaring apung PLTA, tetapi hanya ikan mas saja," kata mantan Kadis Pendidikan Riau tersebut.

Dalam catatan Dinas Perikanan, hampir 2,3 ton ikan petambak mati. Untuk kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

"Yang mati jenis ikan mas (cyprinus carpio) sebanyak 2,3 ton, kerugian Rp 64.400.000. Sampai sekarang masih ada penyakit," ujar Kamsol.

Penyakit sendiri muncul akibat perubahan cuaca. Sehingga petambak harus melihat standar budidaya pada musim perubahan cuaca untuk mencegah banyak kematian.


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index