Puskesmas 24 Jam Terkendala Tenaga Kesehatan

Puskesmas 24 Jam Terkendala Tenaga Kesehatan
ilustrasi

RIAU (RA)- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau  Zainal Arifin SKM MKes menyebut, hingga saat ini jumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang buka 24 jam belum bisa ditambah, dikarenakan kekurangan tenaga kesehatan.

"Sejauh ini baru ada sekitar 408 Puskemas di Kabupaten/Kota se Riau yang sudah bisa buka 24 jam, itu berdasarkan data tahun 2014," jelas Zainal, di kantor Gubernur Riau.

Zainal mengatakan, belum bertambahnya jumlah Puskesmas yang bisa buka 24 jam tersebut, dikarenakan tenaga kesehatan yang akan diangkat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau belum terlaksana. Karena memang daerah sangat membutuhkan penambahan tenaga, untuk bisa buka 24 jam.

Untuk hal itu, saat ini prosesnya belum bisa dilaksanakan, karena Pemprov Riau juga tengah melakukan proses Assesment terhadap pejabat Pemprov Riau untuk mengisi posisi Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Kita harapkan tahun ini bisa kita laksanakan proses perekrutannya, sehingga apa yang menjadi keingianan Pak Plt Gubernur untuk terus menambah jumlah Puskesmas yang buka 24 jam bisa segera terwujud," pungkasnya.

Zainal mengaku jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan berdasarkan data tahun 2014 sebanyak 640 orang. "Namun, seiiring bertambahnya jumlah Puskesmas yang layak dijadikan buka 24 jam, berdasarkan hitungan terbaru, yang dibutuhkan itu sebanyak 700 orang," ungkapnya.

 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index