Ketua DPRD Riau Hadiri Kegiatan Penyerahan Bantuan Keuangan Khusus Provinsi Riau

Ketua DPRD Riau Hadiri Kegiatan Penyerahan Bantuan Keuangan Khusus Provinsi Riau
Ketua DPRD Riau Yulisman bersama Gubernur Riau Syamsuar saat acara pemberian bantuan keuangan khusus di Inhu.

Riauaktual.com - Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, menghadiri kegiatan penyerahan Bantuan Keuangan Khusus Provinsi Riau ke Desa-desa se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (15/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau Djoko Edy Imhar, beserta jajaran Forkopimda lainnya.

Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu, Jefi Seftiahadi, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Inhu mengucapkan terimakasih atas bantuan keuangan yang diberikan oleh Gubernur Riau. ''Semoga kebaikan bapak dan ibu dibalas berlipat-lipat ganda,'' ujarnya.

Ketua DPRD Riau, Yulisman mengapresiasi program yang dijalankan Pemerintah Provinsi Riau ini.

“Semoga bantuan keuangan yang diberikan oleh pak gubernur dan pemerintah daerah ini, dapat membantu guru-guru tahfidz yang ada di desa ini,'' ujarnya.

Sementara Gubri Syamsuar mengatakan, bahwa pemberian BKK kepada desa itu, dapat menjadi sebagai langkah untuk percepatan peningkatan kemajuan desa, BUMDes, hingga penanggulangan stunting yang ada di Provinsi Riau.

“Dapat kami sampaikan bahwa, Kabupaten Inhu berhasil mengentaskan desa sangat tertinggal sejak tahun 2020. Sehingga pada tahun 2022 telah terdapat 10 Desa Mandiri dan tidak terdapat lagi desa sangat tertinggal. Namun, pada tahun 2023 kita masih perlu lebih fokus lagi untuk meningkatkan status 11 desa tertinggal dan 80 desa berkembang menjadi desa maju, dan desa mandiri,” ujar Syamsuar.

Tambah Gubri, bahwa pemberian BKK kepada desa itu, dapat menjadi sebagai langkah untuk percepatan peningkatan kemajuan desa, BUMDes, hingga penanggulangan stunting yang ada di Provinsi Riau.

“Dapat kami sampaikan bahwa, Kabupaten Inhu berhasil mengentaskan desa sangat tertinggal sejak tahun 2020. Sehingga pada tahun 2022 telah terdapat 10 Desa Mandiri dan tidak terdapat lagi desa sangat tertinggal. Namun, pada tahun 2023 kita masih perlu lebih fokus lagi untuk meningkatkan status 11 desa tertinggal dan 80 desa berkembang menjadi desa maju, dan desa mandiri,” ujar Syamsuar

Gubri rincikan, BKK untuk desa dari Pemerintah Provinsi Riau telah berjalan sejak tahun 2019 sampai dengan 2022. Total dana yang telah disalurkan kepada desa se Provinsi Riau adalah sebesar Rp851.185.000.000, dan untuk Kabupaten Inhu telah dialokasikan dengan total sebesar Rp74.365.000.000.

Selanjutnya, pada tahun 2023 yang akan datang, kata Syamsuar, Pemerintah Provinsi Riau merencanakan akan kembali mengalokasikan Bantuan Keuangan Khusus Kepada Desa di Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp31.150.000.000.

“Dengan demikian, pada tahun 2024 nanti status perkembangan desa desa di Kabupaten Inhu telah berada pada kategori Desa Maju dan Desa Mandiri,” ujar Syamsuar menjelaskan.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi juga berharap agar kedepannya seluruh desa di Kabupaten Inhu dapat menerima bantuan keuangan setiap tahunnya.

“Semoga bantuan khusus ini dapat bermanfaat bagi Desa Sukajadi, dan semoga tahun-tahun berikutnya desa-desa di Inhu dapat menerima bantuan keuangan,” ucap Rezita. (Adv)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index