Remajakan 800 Titik PJU, Pemko Pekanbaru Targetkan Tekan Tagihan Rp2 Miliar per Bulan

Remajakan 800 Titik PJU, Pemko Pekanbaru Targetkan Tekan Tagihan Rp2 Miliar per Bulan

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengusulkan peremajaan lampu penerangan jalan umum (PJU) konvensional ke Light Emitting Diode (LED) Smart System pada tahun 2023 mendatang.

Jumlah yang diusulkan mencapai 800 titik yang menyebar di sejumlah ruas. Dishub Kota Pekanbaru mengklaim, jika 37 ribu lebih lampu konvensional yang ada saat ini sudah diremajakan, dapat menghemat tagihan listrik hingga miliaran rupiah per bulan.

"Tetap kita usulkan anggarannya di tahun 2023, tapi segala sesuatu itu tergantung dari anggaran. Kalau untuk di perubahan (APBD-P) ini nampaknya tidak ada," kata Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Hidayat, Rabu (9/11/2022).

Menurutnya, peremajaan lampu konvensional dilakukan seiring usia teknis lampu jalan sudah melebihi dan berdaya besar. Selain itu, peremajaan dilakukan untuk menekan tagihan listrik.

"Tujuan peremajaan itu salah satunya, pertama, karena lampu-lampu jalan itu umur teknisnya sudah melebihi. Dibangun lampu jalan itu tahun 2024, kemudian lampu jalan yang dibangun tahun 2024 itu lampu konvensional berdaya besar. Selain itu, tujuan kita melakukan peremajaan, juga untuk menekan tagihan rekening listrik," terangnya.

Ia menilai, peremajaan PJU konvensional ke LED Smart System dapat menekan tagihan listrik hingga Rp 2miliar per bulan. Tagihan listrik dapat berkurang jika seluruh lampu jalan yang ada diberbagai ruas jalan sudah diganti dengan LED.

"Apabila seluruh lampu jalan se-Kota Pekanbaru sudah diganti dengan LED, target kita Rp 2 miliar dalam satu bulan tagihan rekening listrik kita. Sekarang Rp 4,7 miliar, nanti apabila sudah diganti, tinggal Rp 2 miliar lagi," jelasnya.

Dia menambahkan, sementara pendapatan asli daerah atau PAD dari pajak penerangan jalan yang diterima hingga kini sudah Rp 11 miliar lebih.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index