Hadiri Milad ke 45 BKPRMI, Gubri Ajak Remaja Rajin ke Masjid

Hadiri Milad ke 45 BKPRMI, Gubri Ajak Remaja Rajin ke Masjid

Riauaktual.com - Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan masyarakat yang memenuhi Masjid Islamic Center Siak antusias menyambut kedatangan Gubernur Riau Syamsuar, Sabtu (3/9/2022) malam.

Gubri mengucapkan selamat milad kepada pengurus BKPRMI se-Provinsi Riau yang saat ini memasuki usia yang ke-45 tahun. Ia berharap BKPRMI dapat menjadi salah satu organisasi keagamaan yang berperan aktif dalam pembangunan spiritualitas di Bumi Melayu Lancang Kuning Provinsi Riau.

"Semoga BKPRMI menjadi organisasi yang disenangi oleh para remaja di Riau yang kita cintai ini," ujarnya.

Syamsuar menyebut peran pemuda dan remaja sangatlah penting dalam memakmurkan masjid. Sayangnya, banyak remaja yang enggan datang ke masjid.

Oleh sebab itu, organisasi seperti BKPRMI harus bisa membuat terobosan agar para pemuda dan remaja cinta dan senang datang ke masjid. Misalkan dengan membuat kegiatan yang mampu mengangkat perekonomian mereka.

"Dalam hal ini peran BAZNAS sangat kita harapkan. BAZNAS Siak ini banyak duitnya. Mari kita berdayakan para remaja ini," harap Syamsuar.

Syamsuar menyebut beberapa waktu lalu pihaknya bersama BAZNAS Provinsi Riau membantu modal usaha bagi remaja masjid di daerah Rumbai.

"Dibantu sekira Rp150 juta. Per orang dapat modal usaha Rp5 juta. Dengan begitu, diharapkan mereka punya keterikatan dengan masjid. Saya minta BKPRMI ini juga melakukan terobosan. Jangan biasa-biasa saja. Lakukan inovasi," harap Syamsuar lagi.

Dijelaskan Syamsuar bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen memberdayakan generasi muda agar menjadi seorang wirausahawan dan cinta kepada al-Quran serta rajin untuk datang ke masjid.

Dukungan tersebut diberikan salah satunya dengan mempersiapkan kader ulama nasional dari Provinsi Riau. Kader ulama tersebut diseleksi langsung oleh Imam Masjid Istiqlal Jakarta.

"Sekarang ini juga kami mengirim anak-anak untuk jadi kader ulama yang belajarnya di Masjid Istiqlal Jakarta," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau juga memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa yang didalamnya dialokasikan untuk guru mengaji dan guru tahfidz serta pemberdayaan remaja.

"Alhamdulillah kami persiapkan untuk anak-anak remaja. Sekarang ada bantuan keuangan, ada alokasi untuk desa-desa itu ada alokasi untuk remaja," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap BKPRMI bisa menjadi mitra Pemerintah Provinsi Riau dalam pembangunan di bidang spiritualitas dan keagamaan dengan program-program terbaiknya di Provinsi Riau.

"Ini saya sampaikan dengan hati yang dalam sebagai tanggungjawab moral saya selaku Gubernur. Tidak bisa hanya kemauan kami saja kalau tidak didukung oleh kita semua," tegasnya.

Syamsuar mengingatkan kehancuran suatu negeri akibat kelalaian dan kedurhakaan masyarakatnya kepada Tuhan YME.

Namun Tuhan juga menurunkan keberkahan yang tak terhingga bagi negeri yang di dalamnya terdapat masyarakat yang taat kepada-Nya.

Dalam kesempatan ini, Gubri juga menyerahkan hadiah berupa sepeda motor listrik. Hadiah tersebut diserahkan Syamsuar dalam rangka menurunkan emisi karbon dan menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) untuk mewujudkan Riau Hijau dan Indonesia Hijau tentunya.

Juga bantuan Alquran dan kurma yang dibawa langsung dari Kerajaan Arab Saudi

Bantuan sebesar Rp100 juta dari BAZNAS Provinsi Riau juga diserahkan kepada pengurus BKPRMI.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu para pemuda dan remaja masjid dalam menggerakkan ekonomi.

Rangkaian acara BKPRMI ini juga dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah dan taushiah serta jalan santai bersama yang dipusatkan di depan Masjid Islamic Center Siak.

Berita Lainnya

index