Siang Nanti KAMMI Riau Turun ke Jalan Tolak Rencana Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Siang Nanti KAMMI Riau Turun ke Jalan Tolak Rencana Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Riauaktual.com - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riau bakal turun ke jalan dan gelar aksi di depan gedung DPRD Riau, Jumat (2/9/2022) siang. Seruan aksi unjuk rasa ini dipicu oleh wacana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Di dalam video yang diunggah di akun instagram @pw.kammi.riau, KAMMI Riau menyebut, menindaklanjuti rencana pemerintah terkait dengan kenaikan Harga BBM Bersubsidi sesuai dengan pernyataan Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan 21 Agustus 2022, dan pernyataan Menkeu Sri Mulyani 26 Agustus 2022 bahwa jika BBM tak naik, APBN Tahun depan akan terbebani. Di perkuat dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo Bahwa APBN sudah terlalu terbebani, Subsidi BBM sudah menyentuh Angka 502 Triliun.

Sesuai dengan Pasal 33 ayat 3 UUD 1945 Pasal 33 ayat (3) menentukan, "Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Maka Subsidi BBM melalui pemberian harga terjangkau menjadi tanggungjawab Pemerintah Indonesia untuk menjamin kesejahteraan dan Keberlangsungan Kehidupan Rakyat Indonesia, Wacana penaikan subsidi BBM merupakan tindakan yang mengabaikan kepentingan Rakyat Indonesia.

Provinsi Riau Sebagai Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia sudah selayaknya Pemerintah Indonesia mempertimbangkan wacana kenaikan Harga BBM bersubsidi yang akan berdampak secara khusus di Provinsi Riau.

Berangkat dari hal tersebut KAMMI Riau menyampaikan beberapa tuntutan yang harus di Terima dan di laksanakan oleh Pemerintah RI

1. Menolak Pemerintah menaikkan Harga BBM Bersubsidi

2. Mendesak Pemerintah Kendalikan Harga Barang-Barang Pokok

3. Mendesak Pemerintah Tunda Proyek Strategis (PSN) Yang Tidak berdampak Langsung Bagi Masyarakat dan alihkan Anggaran Untuk Subsidi BBM.

4. KAMMI Riau Mendesak Pemerintah RI dan Pertamina untuk menjamin Stok BBM Solar dan Pertalite di Riau hingga Akhir Tahun

Maka dari itu KAMMI Riau mengiimbau dan mengajak seluruh kader KAMMI se-Riau, masyarakat Riau yang akan terdampak wacana kenaikan harga BBM bersubsidi untuk ikut membersamai aksi KAMMI Riau di depan gedung DPRD Riau, Jumat 2 September 2022 Pukul 14:30 WIB.

Berita Lainnya

index