Solar Subsidi Langka, Direskrimsus Polda Riau Sebut ada SPBU 'Nakal'

Solar Subsidi Langka, Direskrimsus Polda Riau Sebut ada SPBU 'Nakal'
Ilustrasi (Net)

Riauaktual.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau sebut adanya sentral pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang "nakal" membuat terjadinya kelangkaan solar subsidi.

Hal itu Diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Ferry Irawan, Senin (15/8/2022) siang.

Dimana ada SPBU yang terindikasi melakukan pelanggaran dengan modus memfasilitasi masyarakat untuk pembelian solar dengan berbagai cara. Seperti dengan jerigen bahkan mobil yang sudah dimodifikasi.

"Kita mengawasi soal pelaksanaan kegiatan, Pertamina terus mengkoordinasikan dan memantau bersama kita tentang pelaksanaan distribusi BBM bersubsidi di SPBU," ujarnya kepada wartawan.

Terkait adanya SPBU yang terindikasi melakukan pelanggaran, pihaknya sudah melakukan proses hukum. 

"Kasusnya akan kita angkat. Untuk jumlah kasus nanti datanya kita berikan," ungkapnya.

Diungkapkan Ferry, terkait kelangkaan solar subsidi ini pihaknya akan terus melakukan pemantauan di lapangan sesuai instruksi Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Ferry membeberkan, terjadinya kelangkaan solar di Riau, terletak pada masalah distribusi. Belum lagi ada dugaan penyimpangan yang terjadi.

"Adanya pelanggaran hukum ini di Pekanbaru dan beberapa daerah akan kita tindakan. Dan kasusnya sudah jelas," sambung kombes berbunga melati tiga itu.

Disinggung apakah BBM subsidi solar ini ada didistribusikan ke perusahaan, Ferry mengaku sempat mendengar informasi itu.

"Memang kita mendengar itu, tapi sampai hari ini kita baru menemukan data atau pelaku yang menggunakan jeriken atau mobil modifikasi. Pendistribusian, dia jual ke mana, ini masih kita terus dalami. Yang jelas terkait kelangkaan solar subsidi ini akan kita tindakan tegas," tandasnya

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index