Pagi Tadi Jarak Pandang di Pekanbaru Hanya 400 Meter, Ini Penjelasan BMKG

Pagi Tadi Jarak Pandang di Pekanbaru Hanya 400 Meter, Ini Penjelasan BMKG
Ilustrasi

Riauaktual.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru mencatat adanya penurunan jarak pandang di Kota Pekanbaru, Kamis (4/8/2022) pagi.

Akibat jarak pandang yang terbatas ini, cuaca lebih dingin dan lembab serta sejumlah gedung bertingkat di Kota Pekanbaru seakan hilang ditelan kabut. 

"Tadi pas berangkat ke kantor udaranya lebih dingin, pas bawa motor, wajah kaya basah gitu kena udaranya, jarak pandang juga terbatas," ujar Risky Syaifullah warga Kecamatan Marpoyan Damai. 

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Fitri Nur Astuti saat dikonfirmasi mengatakan, jarak pandang di Kota Pekanbaru pagi tadi tepatnya pukul 07.00 hanya 400 meter saja.

"Pagi ini jarak pandang hanya 400 meter," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Fitri, Kamis (4/8/2022).

Ia mengatakan kabut ini disebabkan oleh kelembaban yang tinggi di permukaan. Fenomena ini hanya fenomena biasa dan tak akan berlangsung lama. 

"Itu kan uap air,  dia akan menghilang jika terkena panas. Karena menguap kan ke atas. Jadi tinggal nunggu panas saja. Kalau sudah panas, kondisi akan normal seperti semula," sebutnya.

Sementara itu, untuk prakiraan cuaca pada siang hingga sore ini berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah  Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Untuk malam hari berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

"Dini hari diperkirakan hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir," ujarnya. 

Untuk diketahui, suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 - 32.0 °C dengan kelembapan udara 55 - 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat dengan kecepatan 10 – 35 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.

Berita Lainnya

View All