Herliyan: Seluruh Perizinan dan Nonperizinan Gratis

Herliyan: Seluruh Perizinan dan Nonperizinan Gratis
Bupati Kabupaten Bengkalis Herliyan Saleh

BENGKALIS (RA)- Bupati Kabupaten Bengkalis Herliyan Saleh mengatakan, selain retribusi yang memang diamanahkan perundangan-undangan, seluruh pelayanan perizinan dan nonperizinan di Pemkab Bengkalis tidak dipungut biaya satu rupiah pun.

"Kecuali retribusi, apapun pelayanan perizinan dan non perizinan yang diberikan Pemkab Bengkalis, seluruhnya gratis. Tidak ada biaya apapun. Laporkan, akan saya tegas setiap pegawai Pemkab Bengkalis yang terbukti melakukan praktik pungutan liar (pungli) kepada masyarakat yang mengurus pelayanan perizinan atau nonperizinan," tegas Bupati Herliyan, baru-baru ini.

Herliyan berharap masyarakat langsung mengurusnya sendiri. Tidak menggunakan jasa pihak lain. Kalau menggunakan jasa lain, katanya, pastilah ada biaya yang dimintanya. Sebagai contoh, minimal biaya untuk beli bensin.

''Jika mengurus sendiri saya jamin tidak ada biaya apapun yang harus dibayarkan masyarakat atas pelayanan yang diberikan Pemkab Bengkalis. Laporkan kalau ada yang memungut bayaran. Jika terbukti,  saya tidak segan mengambil tindakan tegas. Termasuk memberikan sanksi terberat sekalipun,'' ulang Herliyan.

Di bagian lain Herliyan berharap, dalam memohon pelayanan kepada aparatur di jajaran Pemkab Bengkalis, masyarakat hendaknya mengikuti dan memenuhi segala ketentuan.

Sebagai contoh, imbuh Herliyan, kalau memang sesuai ketentuan sesuatu yang dimohon itu penyelesaiannya tiga hari kerja, jangan diminta mesti selesai dalam satu hari. "Keinginan-keinginan masyarakat yang seperti ini juga tidak baik," pesan Herliyan.

 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index