Target Pajak Tercapai, DPRD Beri 'Tepuk Tangan' Bapenda Pekanbaru

Target Pajak Tercapai, DPRD Beri 'Tepuk Tangan' Bapenda Pekanbaru
Ketua Pansus LKPJ DPRD Pekanbaru, Masni Ernawati. (Istimewa)

Riauaktual.com - Ketua Pansus LKPJ DPRD Pekanbaru, Masni Ernawati, mengapresiasi pencapaian pajak daerah triwulan II tahun 2022, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang telah melampaui target ditengah situasi ekonomi yang terbilang belum terlalu membaik.

"Pansus mengapresiasi keberhasilan Bapenda kota Pekanbaru yang sukses meraup target pajak sebesar 100,5 persen dari target yang telah ditetapkan. Kami yakini pekerjaan seperti ini tidaklah mudah. Kita beri 'tepuk tangan' ," puji Masni Ernawati ketika berbincang bersama wartawan, Sabtu (11/6/2022).

Namun meski capaian pajak melebihi target, lanjut Masni, pihaknya mendorong Bapenda Kota Pekanbaru untuk terus meningkatkan capaian pendapatan yang lainnya. 

"Untuk itu saya menyarankan agar Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan keleluasaan Bapenda membuat inovasi tersendiri dan memetakan potensi pajak yang lain sehinga pendapatan lebih meningkat," kata Masni.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Dapot Sinaga, berharap segala bentuk terobosan yang telah dibuat Bapenda bisa dipertahankan dan terus dimaksimalkan dengan baik.

"Terobosan Bapenda saat ini sangat baik. Terlebih terkait stimulus berupa potongan pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) sebesar 50%. Tentunya itu sangat membantu masyarakat yang baru tergoncang ekonomi karena pandemi," tutur Dapot.

Disamping itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga memuji berbagai layanan aplikasi Bapenda yang memberi kemudahan masyarakat dalam membayar pajak. Hal itu, diyakini Dapot juga menjadi faktor target triwulan II ini bisa tercapai, bahkan melebih dari target. 

"Sekarang sudah gampang membayar pajak. Lewat berbagai aplikasi seperti Smart Tax, pembayaran hingga mengunduh langsung bukti pembayaran pajak sudah bisa melalui genggaman. Aplikasi-aplikasi ini kita sarankan terus dikembangkan Bapenda," harap Dapot.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, capaian pajak daerah kota Pekanbaru terus alami trend positif seiring kasus Covid-19 kian melandai. Terhitung hingga Triwulan II tahun 2022, Bapenda Kota Pekanbaru telah mengumpulkan Rp257, 4 miliar. 

Capaian ini melebihi target triwulan sebesar Rp256 miliar. Bapenda Kota Pekanbaru mengumpulkan jumlah ini hingga awal triwulan II tahun 2022.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyebut, capaian pajak daerah pada triwulan II sudah 100,5 persen dari target. Masih ada waktu tersisa beberapa minggu kedepan untuk memaksimalkan pendapatan daerah pada triwulan II ini. 

"Alhamdulillah untuk triwulan II kita sudah melebihi target. Kami terus upayakan untuk memaksimalkan penagihan," ujar pria yang karib disapa Ami ini, Jumat (10/6/2022) kemarin. 

Menurutnya, capaian ini juga tidak terlepas dari seluruh tim Bapenda dan pihak kecamatan. Mereka turun langsung ke para wajib pajak (WP). 

Mereka gencar melakukan upaya Sosialisasi Daftar Tagih (SDT) ditengah masyarakat. Mereka menyasar para penunggak pajak. 

"Kita juga lakukan penagihan aktif, by name by address ini yang kita kerjakan sekarang. Kita juga turun melakukan penagihan aktif sambil validasi," terang Ami. 

#Bapenda Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index