Harga Cabai Merah Melambung Naik, Disperindag Pekanbaru Beberkan Penyebabnya

Harga Cabai Merah Melambung Naik, Disperindag Pekanbaru Beberkan Penyebabnya
Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut.

Riauaktual.com - Harga cabai di pasaran terus melambung naik. Berdasarkan Data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, untuk hari ini harga cabai merah tembus Rp85 ribu perkilogram.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut tak menampik harga salah satu komoditi ini terus alami kenaikan. Pihaknya terus melakukan pemantauan di pasaran. 

"Memang ada kenaikan dari sebelumnya, hari ini harga cabai merah naik jadi Rp85 ribu perkilogram," kata Ingot, Jumat (10/6/2022).

Menurutnya, kenaikan harga terjadi karena memang dari daerah penghasil sudah mahal. Karena persoalan panen dan cuaca ekstrim dan juga faktor-faktor produksi yang lain.

"Untuk perkiraan sementara memang itu. Jadi dari daerah penghasil baik itu dari Medan, Sumbar ataupun daerah Jawa itu harganya memang sudah mahal makanya di Pekanbaru juga otomatis mahal," terang Ingot.

Ingot menilai, terkait kenaikan harga cabai ataupun sayuran sebenarnya pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Karena memang itu tanaman muda dan Pekanbaru bukanlah daerah penghasil. 

"Jadi kita memang bergantung kepada daerah penghasil itu," sebutnya.

Selain cabai, dikatakan Ingot, untuk harga bawang merah saat ini juga masih tinggi yaitu sekitar Rp50 ribu perkilogramnya. Pihaknya mendata beberapa komoditi lainnya juga alami kenaikan, namun kenaikan signifikan terjadi pada komoditi cabai merah dan bawang. 

Berita Lainnya

View All