Diskominfo-PDE Riau Programkan Internet Pedesaan

Diskominfo-PDE Riau Programkan Internet Pedesaan
ilustrasi

RIAU (RA)- Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Pengolahan Data Elektronik (PDE), tahun depan akan melaksanakan program internet pedesaan. Kerjasama dengan beberapa provider akan dilakukan, seperti dengan PT Telekom.

"Saat ini kita tengah melakukan pendataan terhadap desa-desa yang sama sekali belum terkoneksi jaringan," jelas Kepala Diskominfo-PDE Ahmad Syah Harofie.

Dijelaskannya, pelaksanaan internet desa itu nantinya akan dilakukan bertahap. Meski tak merincikan kapan target penyelesaian namun Ahmad berharap melalui program internet desa akan membantu mengembangkan transformasi tekhnologi seiring era digital saat ini. Selain itu juga mewujudkan e-goverment.

Desa-desa yang akan menjadi sasaran, yakni desa yang masih bersifat blank spot. "Yang jelas kita lakukan bertahap dulu, sekarang sudah kita data. Prinsipnya nanti harapan kita tidak ada lagi desa yang tidak ada akses internetnya," ungkap Ahmad.

Ketika ditanya mengenai keberadaan internet mobil, Dia mengaku kalau keberadaannya masih baru bisa menjangkau wilayah Kecamatan dan beberapa desa yang sudah ada jaringan.

"Internet mobil itu se Riau terdapat 50 unit, Sembilan diantaranya berada di Kota Pekanbaru, sementara 41 lainnya tersebar di 11 Kabupaten/Kota lainnya," jelas Ahmad Syah


 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index