Terkesan Ditutup-tutupi, Pengamat : Gubri Seharusnya Paparkan Calon Pj

Terkesan Ditutup-tutupi, Pengamat : Gubri Seharusnya Paparkan Calon Pj

Riauaktual.com - Gubernur Riau Syamsuar hingga saat ini, belum mau berkomentar banyak terkait penunjukan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar. Meskipun saat ini sudah banyak beredar informasi terkait nama-nama yang disebut sudah disetujui Menteri dalam negeri (Mendagri).

"Sampai saat ini belum ada kabar yang saya terima terkait Pj,” kata Gubri Syamsuar. 

Saat ditanyakan adanya informasi, bahwa Gubri bertemu dengan Mendagri untuk mempertanyakan perkembangan pengusulan Pj dua daerah di Riau disela-sela kegiatannya di Jakarta, Kamis (12/5) kemarin. Gubri menyebut bahwa ia tidak ada berjumpa dengan Mendagri.

"Siapa yang jumpa, mana ada saya jumpa Mendagri. Tidak ada,” tepisnya.

Terkait kesan tertutupnya Gubri terhadap calon Pj dua daerah tersebut, pengamat politik dan pemerintahan Riau DR Tito Handoko mengatakan, seharusnya Gubri Syamsuar memaparkan saja siapa calon Pj yang diusulkan ke publik. Sehingga tidak terjadi kegaduhan sesaat di publik seperti sekarang ini.

"Seharusnya kalau di paparkan ke publik, kan tidak terjadi seperti sekarang ini. Kalau nantinya ada pesan khsusus kepada Pj terpilih, kan bisa saja disampaikan nantinya," katanya.

Menurut Tito, alangkah eloknya Gubri selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, mengajak komponen masyarakat di dua daerah dalam pengusulan Pj. Sehingga bisa didapatkan calon Pj terbaik dari para kepala OPD yang memenuhi syarat.

"Harusnya Gubri membuka ruang diskusi seperti itu, jadi jika Pj yang disetujui tidak sesuai nama yang diusulkan, masyarakat juga bisa mengawal. Karena sekarang beredar informasi, ada penumpang gelap yang jadi calon kuat Pj diluar nama yang diusulkan. Kalau itu terjadi, kan bisa mencoreng muka Gubernur, bisa jatuh wibawa Gubernur," ujarnya.

Untuk diketahui, Gubernur Riau, Syamsuar, telah mengusulkan 3 nama calon Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar, ke Mentri Dalam Negeri. Dan dijadwalkan 5 hari menjelang pelantikan, atau habisnya masa jabatan Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar tanggal 22 Mei 2022.

Tiga nama calon Pj Walikota Pekanbaru diantaranya, Asisten I Setdaprov, Masrul Kasmi, Kepala BPBD M Edy Afrizal, dan Kadispora Riau, Boby Rahmat. Sedangkan calon Pj Bupati Kampar, Kadisnaker Riau Imron Rosyadi, Kadis Pariwisata Roni Rahmat dan Karo Kesra, Zulkifli Sukur. Sesuai dengan surat dari Kemendagri Gubernur mengusulkan 3 nama dari pejabat tinggi pratama dilingkungan Pemprov Riau, atau pejabat eselon II.

Namun dipertengahan jalan, setelah pengusulan tiga calon tersebut oleh Gubernur, kini mulai ramai diperbincangkan masuk usulan baru calon Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun Sekretaris Dewan DPRD Riau, dan salah satu nama Kepala Dinas di OPD Riau. Begitu juga Pj Bupati Kampar juga muncul satu nama lagi juga dari salah satu Kepala Dinas di OPD Pemprov Riau. 

Berita Lainnya

View All