Pemprov Riau Terapkan WFH Bagi ASN Selama Satu Pekan

Pemprov Riau Terapkan WFH Bagi ASN Selama Satu Pekan

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, langsung menindaklanjuti surat edaran (SE) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), terkait penerapan Work From Home (WFH). Dimana diterapkan selama satu pekan pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan pihaknya telah mendapatkan perintah dari Gubernur untuk mempelajari dan menindaklanjuti apa yang telah disampaikan oleh Menpan RB.

Selanjutnya juga langsung membuat SE turunan yang disebutkan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

"Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Menpan RB, pak Gubernur meminta kami untuk menindaklanjutinya. Dan sudah dibuat SE nya," ucap Ikhwan.

Dijelaskan Ikhwan, WFH dibuat aturannya dan diserahkan ke masing-masing OPD. Dimana untuk bagaimana mengatur jadwal ASN selama WFH dan Wokr From Office (WFO), kebijakan diserahkan kepada masing-masing kepala OPD.

“Dibuat aturannya oleh OPD, bisa saja aturannya 50 persen WFO, 50 persen WFH. Dulukan juga sudah dibuat aturan WFH ini, tapi inikan aturannya dibuat untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 setelah libur panjang," ujarnya.

Disinggung mengenai adanya pernyataan Gubernur Riau Syamsuar, yang mengharuskan ASN masuk kerja 100 persen pasca cuti bersama. Ikhwan mengatakan, imbauan Gubri tersebut disampaikan sebelum keluarnya surat edaran dari Menpan RB.

"Itukan disampaikan pak Gubernur sebelum keluarnya SE Menpan RB. Nah sekarang sudah keluar aturan WFH pasca lebaran, dan pak Gubernur sudah memerintahkan saya untuk mempelajari dan membuat surat edarannya,” kata Ikhwan.

Untuk diketahui, Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, menyetujui usul Kepala Polri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH bagi ASN untuk mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022. Menpan RB menyarankan seluruh instansi pemerintahan mengatur jadwal WFH bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) selama sepekan mulai Senin (9/5). 

Berita Lainnya

View All