Kadishub Riau Sebut Pemasangan APILL di Simpang Panam sudah melalui Kajian

Kadishub Riau Sebut Pemasangan APILL di Simpang Panam sudah melalui Kajian
Traffic Light di Persimpangan Jalan HR Soebrantas-Garuda Sakti.

Riauaktual.com - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Andi Yanto mengaku Dishub Kota Pekanbaru telah koordinasi terkait pembangunan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau Traffic Light di Persimpangan Jalan HR Soebrantas-Garuda Sakti.

Pemasangan lampu merah itu dalam upaya mengurai kemacetan di simpang empat tersebut, dalam menghadapi mudik Lebaran tahun 2022. 

"Kita sudah mendapat laporan terkait pemasangan APILL oleh Dishub Kota Pekanbaru di jalan nasional itu," kata Andi Yanto, Rabu (20/4/2022). 

Andi mengatakan, pemasangan traffic light itu sifatnya hanya sementara dalam upaya mengantisipasi kemacetan di wilayah itu. Sebab di waktu tertentu, seperti jam pergi dan pulang kerja selalu terjadi kemacetan. 

"Kalau tak salah traffic light itu untuk sementara, karena jalan itu kewenangan Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN). Mungkin kedepannya untuk mengatasi kemacetan itu akan dilakukan pembangunan flyover atau pelebaran jalan. Kalau itu kan sudah menjadi kewenangan P2JN," paparnya. 

Andi Yanto menyatakan, pemasangan traffic light di simpang Panam yang dilakukan Dishub Pekanbaru itu sudah melalui kajian jalan, yakni kajian persimpangan. 

"Jadi memasang traffic light itu sudah melalui kajian. Tidak dipasang sembarangan. Namun jika kondisinya masih juga terjadi kemacetan, itu faktor orangnya lagi karena tidak sabar, sehingga main terobos saja. Itu yang menyebabkan macet," tukasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index