Gubri: Pers Wajib Patuhi Etika Jurnalistik

Gubri: Pers Wajib Patuhi Etika Jurnalistik

Riauaktual.com - Sebagai salah satu pilar demokrasi, pers memiliki kebebasan memainkan perannya. Namun kebebasan pers mestilah kebebasan yang bertanggung jawab.

"Dalam menyampaikan informasi atau membuat berita, pers mestilah selalu mengacu kepada etika jurnalistik," ucap Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar saat menyampaikan pidato pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-76 tingkat Provinsi Riau di Siak, Minggu (19/03) malam.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari juga menyinggung soal oknum yang merusak citra pers di Indonesia.

"Kalau ada (wartawan) yang memaksa narasumber untuk menjawab pertanyaan, itu bukanlah wartawan," tegas Atal, apalagi kalau ada yang memaksa bahkan mungkin memeras narasumber.

Atal menyebut bahwa pers memang wajib melaksanakan tugasnya sebagai fungsi kontrol bagi pemerintah. Namun semua harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

"Kritik itu ibarat vitamin. Kalau tidak ada kritik, semua akan jadi los," ucapnya.

Pada puncak peringatan yang digelar di Negeri Istana itu, Gubri Syamsuar juga menerima penghargaan sebagai Anggota Kehormatan PWI, berdasarkan SK PWI nomor : 043-AK-PWI-P/2022 yang ditandatangani Ketua Umum Atal S Depari dan Sekretarus Umum Mirza Zulhadi.

Syamsuar dinilai berjasa dalam membangun pers Nasional khususnya di Provinsi Riau dengan sikap positif dan konsisten membuka akses informasi publik membangun hubungan fungsional jurnalistik serta berjasa kepada organisasi PWI dengan membantu program kegiatan PWI, khususnya PWI Provinsi Riau.

"Peringatan hari pers hari kali ini, menjadi kebahagian tersendiri bagi kami, karena kami diberi penghargaan menjadi anggota kehormatan PWI. Mulai saat ini sah saya sebagai keluarga besar Persatuan Wartawan Indonesia," ujar Syamsuar.

Gubri mengucapkan terima kasih atas atensi dan penghargaan yang diberikan PWI. Sebelumnya pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Kendari 9 Februari 2022 lalu, Gubernur Syamsuar juga menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inisiator Olahraga 2022 oleh SIWO PWI.

"Dengan penghargaan ini menjadi motivasi dan semangat bagi kami untuk meningkatkan pelayanan dan pengabdian bagi negeri," ujar Syamsuar.

Mantan Bupati Siak dua periode ini berterima kasih kepada insan pers yang banyak berperan dan bekerjasama dalam pelaksaan pembangunan di Riau. Apalagi di masa pendemi covid 19 ini, edukasi dari insan pers telah membantu pemerintah dalam penanganan covid 19.

Peringatan HPN tingkat Provinsi Riau dilaksanakan di depan istana Siak, dihadiri Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Wakapolda Riau Brigjen Pol. Tagana Bangun, Bupati Siak Alfedri, Ketua Komisi V DPRD Riau Eddy M Yatim, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang serta sejumlah perwakilan Bupati/ Walikota di Riau. 

Berita Lainnya

View All