DPRD Pekanbaru Minta Disperindag Antisipasi Kenaikan dan Kelangkaan Bahan Pokok Jelang Ramadhan

DPRD Pekanbaru Minta Disperindag Antisipasi Kenaikan dan Kelangkaan Bahan Pokok Jelang Ramadhan
Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru H Fathullah

Riauaktual.com - Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru H Fathullah mendesak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru agar dapat memastikan berbagai kesiapan kebutuhan bahan pokok dan sembako menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah yang jatuh pada awal April mendatang. 

"Disperindag hendaknya harus mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jangan sampai ada kelangkaan, kalau udah ada kelangkaan pasti barang-barang yang akan dibutuhkan masyarakat itu akan melambung naik tinggi," kata Fathullah, Kamis (2/2/2022).

Fathullah menegaskan, Disperindag perlu turun ke pasar ataupun gudang untuk melihat kondisi ril kebutuhan pokok dan sembako. Apalagi, saat ini Pekanbaru memasuki musim hujan yang menyebabkan terjadinya gagal panen sehingga berdampak pada harga dan komoditi di pasar.

Maka dari itu, ia meminta Kepala Disperindag (Kadisperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut agar bekerja keras memastikan ketersediaan kebutuhan bahan pokok dan sembako tersebut.

"Kita (Komisi II) minta Disperindag untuk betul-betul turun ke lapangan kontrol sembako itu. Masyarakat ini sudah susah dengan harga minyak goreng, jangan dibuat susah lagi dengan sembako yang lain. Kasihan kita melihat masyarakat di situasi genting seperti ini," terangnya.

Fathullah juga mewanti-wanti Disperindag Kota Pekanbaru agar dapat mengontrol kebutuhan pokok dan sembako, termasuk harganya. Hal ini guna menghindari terjadinya kenaikan hingga kelangkaan kebutuhan pokok atau sembako menjelang bulan suci Ramadhan.

"Bagaimana situasinya kalau barang itu udah naik, mungkin ada yang sampai tak makan. Jadi jangan sampai masyarakat itu kecewa dengan pemerintah," tegasnya.

Politisi Gerindra ini menekankan, Komisi II DPRD yang membidangi perdagangan, akan terus memantau dan mengawasi kebutuhan pokok atau sembako di Kota Pekanbaru aman dan terkendali.

"Bila perlu, Komisi II nanti akan sidak ke gudang-gudang dan juga pasar," tutupnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index