Ribuan Vaksin Bakal Masuki Massa Kadaluwarsa, Satgas Pekanbaru Gesa Percepatan Vaksinasi

Ribuan Vaksin Bakal Masuki Massa Kadaluwarsa, Satgas Pekanbaru Gesa Percepatan Vaksinasi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldi Saragih

Riauaktual.com - Satgas Covid-19 Pekanbaru bakal menggesa pemakaian vaksin yang segera memasuki masa kadaluarsa. Ada ribuan dosis vaksin berbagai jenis yang akan memasuki masa kadaluwarsa

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, pihaknya sudah mendapat instruksi dari pemerintah pusat untuk segera menggunakan vaksin yang sudah mendekati masa batas waktu kadaluarsa.

"Untuk vaksinasi ini akan terus gesa. Satgas akan lakukan upaya percepatan dalam pemberian vaksin," ujar Firdaus, Senin (21/2/2022). 

Menurutnya, dengan banyaknya jumlah penduduk Kota Pekanbaru serta juga banyaknya fasilitas layanan kesehatan yang tersedia untuk pelayanan vaksinasi, vaksin tersebut dapat segera digunakan.

Satgas juga telah melakukan upaya pemberian vaksin secara massal yang dilakukan pemerintah maupun TNI-Polri. Satgas juga menggandeng pihak swasta untuk percepatan vaksin. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldi Saragih, Senin (21/2/2022) mengungkapkan saat ini ada sekitar 10 persen dari total vaksin milik Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru yang mendekati kadaluarsa.

"Melalui fasilitas kesehatan yang ada kita akan lakukan percepatan. Kami mengimbau warga yang belum suntik vaksin untuk segera melakukan vaksinasi," ucapnya. 

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, ribuan vaksin tersebut adalah jenis astra zeneca. Jumlah dosis vaksin yang segera memasuki masa kadaluarsa sejumlah 5.340 dosis.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index