DPRD Pekanbaru Minta Pembangunan Tugu Roda Terbang Rp13 Miliar Dibatalkan

DPRD Pekanbaru Minta Pembangunan Tugu Roda Terbang Rp13 Miliar Dibatalkan
Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan

Riauaktual.com - Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru agar membatalkan pembangunan Tugu Roda Terbang di Komplek Perkantoran Tenayan Raya karena dinilai tidak prioritas. Hal ini menyusul, pembangunan tugu ini kembali di anggarkan dalam APBD Kota Pekanbaru tahun 2022.

"Saya pikir itu tidak efektif. Dari tahun lalu kita juga tidak sepakat tentang tugu roda terbang dibangun. Saat ini kita masih dalam situasi pandemi ditambah lagi ada varian baru Omicron. Jadi belum tahu kondisi ekonomi dalam dua tahun terakhir ini yang semua sektor terpukul tidak ada pemasukkan," kata Ruslan, Kamis (20/1/2022).

Ruslan menyayangkan Dinas PUPR Kota Pekanbaru tetap merencanakan pembangunan tugu roda terbang di tahun ini. Ia juga menegaskan bahwa Komisi IV DPRD Pekanbaru sudah berulang kali menolak untuk pembangunan tugu tersebut.

"Sangat kita sayangkan, dan saya dari Fraksi PDI Perjuangan tidak sependapat pembangunan tugu roda terbang itu dilaksanakan pada tahun ini," tegasnya.

Menurut Ruslan, anggaran untuk pembangunan tugu roda terbang sebesar Rp13 Miliar lebih baik dipergunakan untuk membangkitkan pemulihan ekonomi di Kota Pekanbaru.

"Ya, lebih baik mendorong pelaku usaha UMKM. Diberikan bantuan berupa modal usaha itu kan lebih bagus supaya masyarakat itu bisa bertahan dalam masa krisis akibat kesulitan ekonomi ini," terangnya.

Selain itu, ia juga meminta Dinas PUPR Kota Pekanbaru untuk fokus mengatasi persoalan banjir yang hingga kini belum tuntas. Hal ini mengingat untuk menyelesaikan masterplan banjir membutuhkan anggaran yang sangat besar.

"Itu (pembangunan tugu roda terbang) harus ditunda, nanti setelah ekonomi pulih boleh dibangun untuk menjadi icon Pekanbaru," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menilai Dinas PUPR Kota Pekanbaru telah menciderai hati masyarakat. Pasalnya, Dinas PUPR tetap ingin membangun tugu roda terbang tersebut dimasa krisis ekonomi akibat hantaman pandemi Covid-19.

"Waktunya tidak tepat, ini akan menciderai publik. Sekali lagi waktunya tidak tepat," tutupnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menganggarkan pembangunan Tugu Roda Terbang di Perkantoran Wali Kota Pekanbaru, Kecamatan Tenayan Raya.

Tugu Roda Terbang kembali dianggarkan oleh Dinas PUPR Kota Pekanbaru didalam APBD Tahun 2022 sebesar Rp13 Miliar dan ini merupakan tahun ketiga penganggarannya. Sebab, dua tahun sebelumnya terkendala keuangan Pemko Pekanbaru yang difokuskan untuk penanganan Covid-19.

Berita Lainnya

View All