DPRD Kesal dengan Pihak Kontraktor IPAL Saat Hearing, Ini Penyebabnya

DPRD Kesal dengan Pihak Kontraktor IPAL Saat Hearing, Ini Penyebabnya

Riauaktual.com - Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru kesal dengan pihak kontraktor Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar komisinya pada hari ini, Selasa (14/12/2021).

Ia mengaku heran dengan alasan pihak kontraktor IPAL yang tidak membawa dan bisa menunjukkan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Menurutnya, RDP yang digelar oleh Komisi IV DPRD Pekanbaru ini merupakan agenda yang penting mengingat banyaknya aduan masyarakat mengenai pengerjaan galian air limbah di Kecamatan Sukajadi.

"Untuk apa datang kesini? Emang kami semua ini main-main. Kita undang, bapak harus siap. Jadi bapak selama bekerja di pengawasan, apa yang bapak awasi? Bapak saja tidak tahu dan tidak hafal diluar kepala," kata Robin dalam RDP di Ruang Badan Musyawarah (Banmus), Selasa (14/12/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini merekomendasikan pengerjaan galian IPAL ini agar dihentikan sementara waktu. Hal ini karena banyaknya sendimen galian yang dibuang oleh pihak kontraktor.

"Kita minta pengerjaan ini diberhentikan dulu sampai ada SOP. Ini fakta lapangan sendimen itu dibuang ke drainase. Jadi gimana ini pengawasannya. Pantesan, kerjanya itu berantakan. Ditanya soal SOP saja tidak tau," tegasnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST. Ia menyesalkan kinerja pihak kontraktor yang seakan-akan tidak peduli dengan dampak lingkungan.

Sebab, akibat lemahnya pengawasan dari pengerjaan galian ini telah menimbulkan terjadinya banjir.

"Saat kunlap kemarin itu kita lihat SOP nya tidak layak. Contohnya pembuangan sendimen dari galian itu ke drainase-drainase. Jadi jangan teori saja, kita minta buktinya," terangnya.

Sementara itu, konsultan pengawas kontraktor IPAL bungkam saat Komisi IV DPRD Pekanbaru mempertanyakan SOP pengawasan dari pihak kontraktor pelaksana IPAL.

"Mohon maaf kami belum bisa membawa SOP," ujar Johan Khadafi selaku Humas project Bagian Pengawasan Kontraktor IPAL.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index