Satpol PP Amankan Pengemis Pura-pura Cacat di Pekanbaru

Satpol PP Amankan Pengemis Pura-pura Cacat di Pekanbaru
Gepeng yang diamankan Satpol PP Pekanbaru. FOTO: ver

PEKANBARU, RiauAktual.com - Operasi MUAK yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Pekanbaru, Jum'at kemarin, berhasil mengangkut 4 orang gelandangan Pengemis (gepeng) yang mangkal di Simpang Mall SKA, Jalan Nangka-Jalan Soekarno Hatta. Empat orang gelandangan dan pengemis yang berpura-pura cacat ini kedapatan sedang mengemis di lampu merah.

"Liat, mereka sengaja berpura-pura kakinya buntung, kaki dibalut perban seperti sakit kista untuk meminta belas kasihan masyarakat di jalan raya," kata Plt Kaban Satpol-PP Azharisman Rozie.

Satpol-PP mengaku tak bisa berbuat banyak setelah mengamankan mereka, pasalnya Satpol hanya bisa melakukan pendataan terhadap gepeng setelah itu mereka melepasnya kembali.

"Tapi hal ini diharapkan bisa menjadi pelajaran kepada masyarakat, agar tidak memberikan sumbangan kepada peminta-minta atau gepeng di jalanan," urainya.

Salah seorang gepeng yang terjaring Sandro Parlindungan (40), asal Medan sengaja berpropesi menjadi gepeng buntung karena sulitnya mendapatkan pekerjaan di Kota Pekanbaru. Apalagi propesi gepeng adalah kerja yang mudah dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

"Hari ini baru Rp50 ribu, bang, biasanya penghasilan saya Rp100 Ribu perhari," ujarnya.

Ditanya siapa koordinatornya dan dimana dia tinggal, dirinya mengatakan dia tinggal di rumah salah seorang oknum TNI berinial W jabatan PM. (ver)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index