Tim Kukerta Desa Sadar Jaya UNRI Bantu Pemberdayaan UMKM Gula Merah Kelapa Sawit

Tim Kukerta Desa Sadar Jaya UNRI Bantu Pemberdayaan UMKM Gula Merah Kelapa Sawit

Riauaktual.com - Pada 22 Agustus 2021, Tim Kukerta UNRI balek kampung desa sadar jaya melakukan kunjungan ke UMKM Gula Merah kelapa sawit. Tim kukerta turut menyaksikan serta membantu proses pembuatan gula merah khas desa sadar jaya tersebut.

Hal yang unik dari UMKM Gula Merah ini adalah menggunakan bahan baku dari Nira kelapa Sawit yang berasal dari pohon kelapa sawit sehingga diberi nama Gula Merah Kelapa Sawit. 

Proses pengolahan gula merah kelapa sawit terbilang sederhana dan mudah tanpa perlu menggunakan teknologi modern dan canggih. 

Batang sawit yang sudah tumbang mampu menghasilkan air nira mencapai 5-10 liter/hari/pohon selama 1–2 bulan atau sekitar 100–200 liter/pohon/bulan. Dalam 5 liter air nira batang sawit akan menghasilkan sebanyak 1 kg gula merah.
 
Selain membantu dalam proses pengolahan, Tim Kukerta UNRI Desa Sadar Jaya juga ikut mempromosikan Gula Merah Kelapa Sawit melalui Media Sosial dan membantu membuatkan logo serta spanduk UMKM Gula Merah Kelapa Sawit tersebut. 

Anggota Humas Tim Kukerta UNRI Balek Kampung Desa Sadar Jaya, Dessika Larassati mengungkapkan bahwa ia bersama Timnya kagum dengan pemanfaatan Nira Sawit sebagai bahan pembuatan gula merah. 

"Ini merupakan salah satu UMKM yang unik dan harus dikembangkan, kami berharap dengan membantu proses pemasaran akan membuat UMKM Gula Merah Kelapa Sawit ini menjadi lebih dikenal," singkat Dessika.

Berita Lainnya

View All