MH 17 Diduga Dirudal, 280 Penumpang dan 15 Kru Tewas

MH 17 Diduga Dirudal, 280 Penumpang dan 15 Kru Tewas
Puing pesawat MH 17 yang jatuh. FOTO: viva

RIAUAKTUAL.COM - Pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, mengatakan sebanyak 280 penumpang dan 15 kru pesawat Malaysia Airlines MH17, dinyatakan tewas akibat ditembak oleh kelompok militan Ukraina pro Rusia. Koresponden Reuters di Ukraina, melaporkan puluhan jasad terlihat di dekat desa Grabovo. Dia juga melihat serpihan pesawat di lokasi tersebut.

BBC edisi Kamis, 17 Juli 2014 melansir baik dari Pemerintah Ukraina dan kelompok pemberontak telah membantah menembak jatuh pesawat di daerah yang dekat dengan perbatasan Rusia. Analisa seorang pakar pertahanan yang dikutip BBC menyebut pesawat MAS ditembak jatuh menggunakan pesawat tempur yang membawa rudal.

Pesawat diduga ditembak jatuh ketika sedang berada di ketinggian 10 ribu meter. Untuk bisa menjangkau pesawat itu, membutuhkan serangan rudal melalui udara. Kemungkinan besar, serangan itu dipandu menggunakan radar.

Perdana Menteri Ukraina, Areseny Yatseniuk melalui juru bicaranya, Olga Lappo, telah memerintahkan sebuah penyelidikan menyeluruh untuk mengetahui penyebab pesawat sipil itu dijadikan sasaran tembak.

Perintah serupa juga diminta oleh Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Abdul Razak. Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah menghubungi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengenai jatuhnya pesawat.

"Pemimpin Rusia menginformasikan kepada Presiden AS mengenai laporan menara pengawas yang baru saja diketahui sebelum telepon itu dilakukan. Bahwa pesawat MAS telah jatuh di Ukraina," ujar Istana Kremlin melalui sebuah pernyataan.

Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, turut membenarkan jatuhnya pesawat MAS jenis Boeing 777-200 ER tersebut. Dia menyebut ini merupakan peristiwa tragis dalam beberapa hari terakhir.

Dia mengklaim sebelumnya dua pesawat militer Ukraina An-26 dan Su-25 telah ditembak jatuh di area Rusia.

"Pasukan bersenjata Ukraina tidak menembak target di udara," ungkap Poroshenko.

Sementara di satu sisi, pemimpin kelompok separatis Ukraina, Alexander Borodai, menyalahkan pihak Poroshenko.

"Rupanya, ini merupakan pesawat sipil berpenumpang dan benar-benar ditembak jatuh oleh angkatan bersenjata udara Ukraina," ungkap Borodai di stasiun televisi milik Pemerintah Rusia, Rossiya 24.

Pesawat itu dilaporkan bertolak dari Amsterdam, Belanda menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia. Pesawat lepas landas sekitar pukul 12.14 dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pukul 06.09.

Hubungi

Kementerian Luar Negeri RI mengimbau kepada keluarga korban penumpang pesawat Malaysia Airlines MH17 agar segera menghubungi pemerintah jika merasa memiliki kerabat yang berada di dalam pesawat nahas itu.

Dalam siaran pers yang dilansir dari VIVAnews pada Jumat, 18 Juli 2014,  Kemenlu juga meminta kerabat penumpang tewas untuk menyampaikan data atau salinan dokumen identitas WNI.

Bagi keluarga korban bisa menghubungi ketiga kontak di bawah ini:

A. Indonesia

Direktorat Perlindungan WNI dan BHI
Tel: (021) 3813186 Fax: (021) 3813152
Shabda Thian (08211145462 atau email: [email protected])

Abun Bunyamin (085322370333 atau email: [email protected])

Lalu Muhammad Iqbal (081317646845 atau email: [email protected])

B. Belanda

Vevie Damayanti (0653249944 atau  [email protected])

Imam Asari (0639442711 atau [email protected])


C. Malaysia

Judha Nugraha (+601 933 45114, +60 1820 19870)
Alia Ditrati (+601 933 45070)
Hesty Dewayani (+601 920 10663)

Sementara berdasarkan Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom) Kementerian Perhubungan JA Barata, total WNI yang tewas mencapai 12 orang. Satu di antaranya adalah bayi.

1. Hadiono Gunawan (Laki-Laki - Nomor kursi: 1D)
2. Yodricunda Theistiasih (Perempuan - Nomor kursi: 11E)
3. Ketut Wiartini (Perempuan - Nomor kursi: 14H)
4. Yuli Hastini (Perempuan - Nomor kursi: 16G)
5. Kurniati Vickiline Kardia (Perempuan - Nomor kursi: 19F)
6. Supartini (Perempuan - Nomor kursi: 31K)
7. Hendry (Laki-Laki - Nomor kursi: 32E)
8. Gerda Leliana Lahenda (Perempuan - Nomor kursi: 14C)
9. Werther Smallenburg (Perempuan - Nomor kursi: 12E)
10. Jane M. Adi Soetjipto (Laki-Laki - Nomor kursi: 14A)
11. Wayan Sujana (Laki-Laki - Nomor kursi: 12D)
12. Claric Yelena Huizen (Bayi Laki-Laki)

Keluarga

Sejumlah keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 mendatangi kantor perwakilan maskapai tersebut di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin, 18 Juli 2014. Mereka mempertanyakan nasib keluarganya yang menjadi salah satu penumpang pesawat yang diduga ditembak jatuh tersebut.

Rini misalnya, ia masih menunggu nasib kakaknya, Supratini yang terbang bersama keluarganya dari Amsterdam menuju Solo dengan singgah di Kuala Lumpur dan Jakarta. "Kami diminta menunggu pengumuman resmi pukul 12.00," kata Rini saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Jumat, 18 Juli 2014.

Rini mulanya masih berpikir positif bahwa sang kakak masih selamat karena naik pesawat kedua. Tapi ternyata, sang kakak menjadi salah seorang penumpang pesawat MH17.

Tak cuma Rini, sejumlah keluarga juga tampak menunggu pengumuman resmi di depan kantor perwakilan Malaysia Airlines di Jakarta itu. Hingga saat pihak Malaysia Airlines di Jakarta masih bungkam. Alasannya mereka belum menerima informasi yang lengkap.

Pilot

Wan Amran Wan Hussin, pilot Malaysia Airlines MH17 nahas yang diduga ditembak rudal di langit Ukraina, 17 Juli 2014, hendak melakukan ibadah haji tahun ini. Namun sebelum rukun Islam kelima itu ia tunaikan, sang pilot 50 tahun itu keburu tewas dalam kecelakaan tragis.

Media Malaysia The Star melansir, Jumat 18 Juli 2014, niat Wan Amran untuk pergi haji itu ia kemukakan kepada kakaknya, Wan Aini, ketika pulang ke desanya di Kota Lama Kiri, Kuala Kangsar, Perak, pekan lalu. Saat itu Wan Amran sedang berbuka puasa bersama para kerabatnya.

“Saya mendengar ada yang berbeda dari suaranya ketika mengatakan ingin pergi haji,” kata keponakan Wan Amran, Amaluddin Noorshah. Namun Amaluddin tak sadar itu kali terakhir ia bertemu sang paman.

Amaluddin baru tahu pesawat yang dikemudikan pamannya jatuh di Ukraina dari keluarga. “Saya tahu dari jaringan WhatsApp keluarga tentang apa yang terjadi. Seluruh keluarga langsung merasa lemas bahwa Wan Amran adalah pilot dari pesawat nahas itu,” kata dia.

Menurut Amaluddin, pamannya telah menerbangkan pesawat Boeing selama lebih dari 20 tahun.

“Dia adalah sosok yang sangat dekat dengan saudara-saudaranya. Dia juga menyumbang banyak untuk amal. Dia memiliki istri dan dua anak lelaki yang tinggal di Shah Alam,” ujar Amaluddin.

Malaysia Airlines MH17 lepas landas dari Bandara Schiphol, Amsterdam, pada Kamis siang dan seharusnya mendarat di Kuala Lumpur pagi ini sekitar pukul 06.10 waktu setempat. Pesawat itu membawa 298 penumpang dan 15 kru yang seluruhnya tewas.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak menyatakan bahwa otoritas Ukraina yakin MH17 ditembak jatuh. Data rekaman penerbangan mengindikasikan pesawat tersebut berada pada ketinggian 33 ribu kaki ketika menghilang.    

Warga Bali

Dua warga Bali dikabarkan berada dalam pesawat Malaysia Airlines nahas yang diduga dirudal di perbatasan Rusia-Ukraina. Meski secara resmi Malaysia Airlines belum mengeluarkan manifest penumpang, namun KBRI Malaysia melalui Atase Perhubungan sudah mendapatkan nama-nama para korban.

Dua di antara korban pesawat dengan nomor penerbangan MH17 tersebut terdapat warga Bali. Mereka adalah Ketut Wiartini dan Wayan Sujana. Nama-nama ini didapatkan dari pihak Malaysia Airlines yang diteruskan oleh Atase Perhubungan KBRI Malaysia dan disampaikan melalui Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, JA Barata, Jumat 18 Juli 2014.

Posting

Kisah seorang penumpang Malaysia Airlines Flight MH17. Cor Pan memposting sejumlah status serta foto dirinya dengan pesawat nahas itu sebelum keberangkatannya. Dia mengabadikan pesawat karena mengingat Malaysia Airlines MH370 yang hilang tak tahu keberadaannya di mana.

Wisatawan asal Belanda ini bermaksud untuk melancong dan menikmati liburannya di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam keberangkatannya ia tak sendiri, melainkan ditemani oleh kekasihnya, Neeltje Tol.

Dilansir National Post, Jumat 18 Juli 2014, Cor Pan yang sedang menyusuri gerbang G03 di Amsterdam Schipol Airport itu langsung mengambil gambar pesawat Boeing 777-200 yang tak lain adalah Malaysia Airlines Flight MH17 sebelum memasuki pesawat tersebut.

Setelah mengambil gambar, ia lalu langsung mempostingnya di jejaring sosial Facebook. "Jika pesawat menghilang, ini adalah bentuknya (pesawatnya)," tulisnya dalam halaman Facebooknya.

Ketika melihat status dan foto yang diunggah oleh Cor Pan di Facebook, banyak teman-temannya berharap Cor Pan mengirimkan sejumlah foto terbaru mengenai liburannya di Malaysia. Namun, dalam hitungan jam, status yang diunggahnya di Facebook berubah menjadi sebuah horor.

Dijadwalkan MH17 ini berangkat dari Belanda pukul 11.30 waktu setempat dan mendarat di Malaysia pukul 22.50. Selama, 110 menit penerbangannya tidak ada kendala berarti. Pesawat yang mencapai terbang mencapai ketinggian 33.000 kaki ini membawa 280 penumpak dan 15 awak. Namun, ketika pada kotak radar 1:21, pesawat MH17 tiba-tiba hilang dalam jangkauan.

Diduga, hal itu dikarenakan rudal yang diluncurkan oleh gerakan separatis pro-Rusia, Igor Strelkov, yang ditulis dalam halaman jejaring sosial Vkontakte. "Di distrik Torez sebuah An-26 ditembak jatuh. Pesawat itu jatuh di suatu tempat dekat tambang," tulisnya dengan kebanggaan berkat anak buahnya yang menembaki pesawat tersebut.

"Kami memperingatkan mereka untuk tidak terbang di langit kita. Berikut adalah konfirmasi video terbaru jatuhnya pesawat. Pesawat itu jatuh di luar zona perumahan, tidak ada warga sipil yang terluka," tambah Igor Strelkov. ***





Editor: Riki
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index