Terjerat di Kebun Sawit Warga, Seekor Beruang Madu Berhasil di Selamatkan

Terjerat di Kebun Sawit Warga, Seekor Beruang Madu Berhasil di Selamatkan
Beruang Madu Berhasil di Selamatkan (Wahyudi)

Riauaktual.com - Tim Sapu jerat dan penanganan konflik Taman Wisata Alam Sungai Dumai Balai Besar KSDA Riau bersama Resort Dumai menyelamatkan seekor Beruang Madu (Helarctos Malayanus) yang terjerat di kebun warga Desa Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Peristiwa tersebut berawal pada 30 Juni 2021 saat tim melakukan operasi jerat dan penanganan konflik mendapat laporan adanya satwa yang diduga seekor beruang madu terjerat disemak belukar di dekat kebun sawit warga yang berada disekitar TWA Sungai Dumai.

"Saat itu warga mendengar suara auman satwa dikawasan tersebut. Mendapat kabar, tim langsung menuju lokasi untuk memastikan jenis satwa," Kata Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro, Jumat (2/7/2021).

Saat tiba di lokasi, tim menemukan seekor beruang madu dalam kondisi terjerat.

"Ketika ditemukan kondisi beruang madu terlihat sedikit lemas dan diduga satwa tersebut terjerat sudah lebih dari 24 jam," jelasnya.

Melihat kondisi satwa agak sedikit lemas, tim kemudian melakukan upaya penyelamatan secara manual dan segera memutuskan tali nilon yang menjerat kaki kanan depan beruang madu dengan menggunakan dodos.

"Kondisi kaki satwa yang terkena jerat tidak begitu parah, saat tali jerat terputus beruang madu langsung lari kedalam hutan," tambah Heru. 

Heru menyebut tim nya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melukai atau membunuh satwa yang dilindungi undang-undang, termasuk beruang madu. 

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memasang jerat disekitar kawasan tersebut," kata Heru.

Selanjutnya, Tim meminta secara sukarela kepada warga yang memasang jerat babi hutan dikebun sawit mereka untuk membongkar jeratnya dan membuat surat pernyataan untuk tidak memasang jerat yang dapat membahayakan satwa dilindungi. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index