Wako Pekanbaru Minta 100 Ribu Dosis Vaksin pada Presiden Jokowi

Wako Pekanbaru Minta 100 Ribu Dosis Vaksin pada Presiden Jokowi
Presiden Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Pekanbaru, Rabu (19/5/2021).

Riauaktual.com - Untuk percepatan dan kejar target vaksinsi, Wali Kota (Wako) Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT meminta sebanyak 100 ribu dosis vaksin Covid-19 tambahan ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Permintaan ini disampaikan secara langsung oleh Firdaus saat Presiden RI Joko Widodo meninjau vaksinasi Covid-19 massal, di Gelanggang Remaja, Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, Rabu (19/5/2021). 

Wako Pekanbaru Firdaus menyebutkan, permintaan vaksin tambahan ke pemerintah pusat untuk mengejar target pemerintah kota dalam menuntaskan vaksinasi terhadap 70 persen dari total 1,1 juta penduduk Pekanbaru hingga akhir Desember 2021.

''Dengan permintaan tambahan vaksin 100 ribu dosis per bulan dapat mendukung pemerintah kota Pekanbaru dalam mengejar target mem vaksin 700 ribu penduduk Pekanbaru hingga akhir tahun ini,'' kata Firdaus.

Permintaan yang ditujukan kepada pemerintah pusat ini, sudah disanggupi oleh Menteri Kesehatan. Kementerian Kesehatan akan mengirimkan vaksin secara bertahap ke Kota Pekanbaru. 

"Pak menteri kesehatan sudah berjanji untuk mengirimkan 100 ribu (dosis vaksin) dalam satu dua hari ini," terangnya. 

Menurutnya, saat ini baru sekitar 100 ribu penduduk Kota Pekanbaru yang telah mendapat suntik vaksin. Maka ada sekitar 600 ribu warga lagi yang harus divaksin untuk mengejar target vaksinasi hingga akhir tahun ini. 

Diungkapkan Firdaus, kunjungan Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan ke Kota Pekanbaru dalam rangka memberi dukungan ke pemerintah kota untuk pengendalian dan pencegahan Covid-19. 

Salah satunya dengan upaya vaksinasi. Dimana ada dua kota di Provinsi Riau yang menjadi perhatian pemerintah pusat karena kasus Covid yang cukup tinggi. Dua kota ini Pekanbaru dan Dumai. 

"Jadi Pak Presiden memberikan dukungan ke kita dengan jalan vaksinasi. Dan menggalakan untuk disiplin protokol kesehatan," ungkapnya. 

Vaksinasi Covid-19 massal yang digelar pemerintah kota ini diperuntukkan bagi 10.000 warga Kota Pekanbaru. Ada empat kelompok prioritas penerima vaksin. Diantaranya, tenaga pendidikan, rohaniawan, RT/RW, dan tokoh masyarakat yang termasuk dalam LPM. 

Pemko Pekanbaru menyiapkan tiga tempat vaksinasi, diantaranya Gelanggang Remaja, Hotel Novotel, dan Hotel Furaya. Vaksinasi ini berlangsung selama tiga hari. *

#

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index