Tips Makan Sahur Sehat, Puasa Kuat

Tips Makan Sahur Sehat, Puasa Kuat
illustrasi (int)

RiauAktual.com - Dalam bulan ramadhan, nabi Muhammad saw memberikan contoh kepada kita agar sahur diakhirkan mendekati imsak, salah satu contoh nabi ini memang dibenarkan menurut ilmu pengetahuan modern (kedokteran). Ini salah satu kebenaran islam, tidak hanya contoh sahur, berbuka dengan segera, jangan menunda-nunda dengan makanan yang manis juga dianjurkan oleh nabi, hal ini dibenarkan juga oleh ilmu pengetahuan modern.

Bila kita memang ingin sahur sehat agar puasa kuat, maka mari kita ikuti apa yang dicontohkan nabi Muhammad saw. Silahkan bila memang anda belum percaya, cek apa yang dicontohkan oleh Nabi dengan ilmu pengetahuan modern yang membenarkannya.

Hal yang dicontohkan nabi dalam sahur lainnya adalah, nabi Muhammad tidak memakan manis-manisan pada saat sahur, ini berbeda dengan berbuka yang disunahkan memakan yang manis-manis.

Hal lain yang dicontohkan nabi adalah makan secukupnya. Tidak hanya dalam puasa, dalam segala hal yang “bertemakan makan” nabi Muhammad saw makan hanya sekedarnya. Yakni makan berhenti sebelum kenyang. Setelah makan sahur, nabi Muhammad tidak pernah langsung tidur.

Ada hal penting yang tidak pernah ditinggalkan oleh nabi saat makan, termasuk sahur, yaitu doa. Sebelum kita bersahur ria dan setelah makan, kita harus berdoa. Tidak hanya doa dalam mulut, melainkan memahami dan merenungkan apa yang kita baca saat kita sahur, hal ini akan berefek baik bagi jasmani dan sepiritual kita.***

Berita Lainnya

View All