Harga Cabai Di Petani Turun Rp 21 ribu

Harga Cabai Di Petani Turun Rp 21 ribu
lokasi kebun Cabai Pekanbaru

PEKANBARU (RA)- Dua hari menjelang puasa harga cabai merah di tingkat petani justru turun. Kalau sepekan lalu petani cabai di Palas sempat menikmati harga jual cabai Rp27 ribu perkilogramnya. Maka Kamis pagi (19/7) harga jual petani ke pengumpul hanya Rp21 ribu.

"Ada penurunan harga cabai Rp 6.000 perkilogramnya dalam dua hari ini," ujar Zul petani cabai di Palas.

Dengan turunnya harga cabai ini membuat dia merugi, karena modal produksinya belum kembali. "Ya kita tanam cabai nasib-nasipan, disaat harga mahal kita untung di saat harga murah kita gak balik modal," keluhnya.

Kepala Dinas Pertanian (distan) kota Pekanbaru, Sentot D Prayitno, saat di konfirmasi terkait harga cabai, membenarkan kini harga cabai merah di pasar Pekanbaru stabil Rp 24 ribu perkilogram.

"Saya sudah tinjau harga cabai Selasa turun di Rp 24 ribu, ini relatif murah,"ujarnya.

Ini menurutnya di karenakan pasokan cabai merah di kota Pekanbaru berlimpah. Selain datang dari Petani pekanbaru juga datang dari Jawa, Medan, dan Sumbar.

"Kita  ada 180 ha lahan cabai,  produksi perhari nya mencapai 2,4 ton. Sementara kebutuhan cabai Pekanbaru  4 ton. Untuk kekurangannya kita datangkan dari luar sebanyak  1,6 ton," urainya.

Sentot menambahkan kalaupun akan ada kenaikan harga cabai itu baru akan terjadi menjelang lebaran. "Di perkirakan kalau harga cabai naik jelang lebaran," tambahnya.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index