Kabut Asap tak Kunjung Berakhir

Pengusaha Travel di Pekanbaru Merugi

Pengusaha Travel di Pekanbaru Merugi
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dampak kabut asap yang menyelimuti seluruh daerah di Provinsi Riau juga dirasakan pengusaha travel. Selama sebulan ini, pengusaha travel mengaku mulai merugi 40 persen.

Salah seorang pengusaha travel di Kota Pekanbaru Putra, mengau usaha perjalanan wisata (travel and tour) miliknya sudah mulai merugi. Kerugian tersebut telah terasa sejak 2 pekan belakangan ini.

"Dari 40 persen itu, didominasi dari penjualan tiket pesawat terbang," kata Putra, Rabu (12/3/2014).

Dijelaskannya, kerugian tersebut terjadi karena sebagian tiket penumpang yang harus me-refund (pengembalian) tiket akibat pembatalan terbang oleh pihak maskapai.

"Untuk mengantisipasi bertambah besarnya kerugian yang dialami travel, pihaknya memberi alternatif pilihan penerbangan melalui provinsi tetangga seperti Padang dan Jambi," paparnya.

Dalam melakukan Refund, pengembalian uang memakan waktu dua minggu. Tentunya hal ini cukup berat jika dibebankan kepada penumpang.

"Demi menjaga relasi kita membayarkan dimuka uang penumpang. Namun dalam alternatifnya kita memberi solusi untuk penumpang terbang melalui provinsi tetangga," jelasnya.

Putra berharap, pemerintah harus tanggap dalam menanggulangi kabut asap yang kian pekat melanda Pekanbaru.

"Akibat kabut asap ini yang paling sangat berdampak tentunya di sektor penerbangan," pungkasnya. (don)

Berita Lainnya

index