Polsek Ukui Pastikan Warga Terapkan Protokol Kesehatan

Polsek Ukui Pastikan Warga Terapkan Protokol Kesehatan
Personil kepolisian tengah menindak seorang pengendara yang kedapatan tidak menggunakan masker. (ist)

Riauaktual.com -Kepolisian Sektor (Polsek) Ukui gencar melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan oleh warga di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi, Sabtu (3/10/2020), saat menggelar Operasi Yustisi mengharapkan agar warag semakin menyadari tentang pentingnya pola hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Personil turun ke pemukiman warga bersama Kepala Sentra Kepolisian Terpadu (KSPKT) dan 2 Personil Polsek Ukui dan TNI serta Satpol PP Pelalawan.

Operasi Yustisi tersebut dilakukan dengan mendatangi warung-warung tempat masyarakat berkumpul, simpang-simpang tempat para anak muda nongkrong dan juga swalayan/pasar tradisional yang menjadi pusat keramaian.

"Kami dari Polsek Ukui selalu sampaikan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan, menerapkan protokol kesehatan, dan wajib menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah," kata Rifendi.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam operasi tersebut, tim memberikan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, baik berupa sanksi teguran lisan/tertulis maupun sanksi kerja sosial seperti menyapu jalan, membuang sampah dan lain-lain.

Pada pelaksanaan Kegiatan Operasi Yustisi Ini tim berhasil menjaring beberapa masyarakat yang tidak menggunakan masker,  kemudian kepada mereka yang terjaring razia dipakaikan rompi berwarna merah lalu diberi sanksi sosial berupa membersihkan lingkungan dengan cara menyapu dan diberikan edukasi serta masker.

Harapanya dengan sanksi yang diberikan seperti itu masyarakat dapat lebih memahami bahwa disiplin protokol kesehatan pada masa pandemi ini sangat penting untuk menjaga diri maupun orang lain dari penularan Covid19.

"Kami melaksanakan operasi Yutsisi dari pagi hingga malam hari, sifatnya mobile tanpa mengabaikan tugas kepolisian yang lainya, memang lebih ekstra hari-harinya tapi itu semua sudah menjadi tugas pokok dan tanggung jawab kami sebagai pelayan masyarakat," tukasnya. (rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index