Enam Pemakaman di Pekanbaru Akan Disulap Menyerupai Ruang Terbuka Hijau

Selasa, 07 Juli 2020 - 15:12:40 WIB Di Baca : 630 Kali


Riauaktual.com - Komisi IV DPRD Pekanbaru bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru, Selasa (07/07/2020) menggelar hearing terbuka.

Dalam Rapat tersebut terungkap bahwasanya dalam waktu dekat sebanyak enam lokasi pemakaman milik Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru akan disulap dengan menyerupai Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Selain akan menyulap pemakaman yang akan menyerupai RTH, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru juga akan menambah lahan sebanyak dua titik. Diantaranya di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. 

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono yang ditemui usai hearing mengaku sangat mendukung gagasan baru dari Pemko Pekanbaru tersebut. 

"Tentunya bisa menghilangkan stikma menyeramkan karena akan dijadikan seperti taman, ini cukup bagus dan diharapkan masyarakat yang mengelola pemakaman berkordinasi dengan Dinas Perkim agar diambil alih," sebutnya. 

Nantinya pemakaman tersebut akan dihiasi dengan lampu taman dan juga beberapa pohon juga akan ditanam guna menambah keindahan pemakaman tersebut. 

"Mereka (Dinas Perkim) mendata ada sekitar 60an pemakaman milik Pemkot Pekanbaru, namun baru menyerahkan sekitar 15 san," jelasnya. 

Kepala Bidang (Kabid) Pra Sarana, Saranan dan Utilitas Umum (PSU) Dinas Perkim, Martin seusai RDP mengatakan dari enam pemakaman milik Pemkot Pekanbaru, hanya tiga pemakaman yang masih beroperasi. Hal tersebut dikarenakan tiga pemakaman lainnya sudah dalam kondisi penuh. 

"Kalau APBD membaik ada penambahan lahan di Tebing Tinggi Okura dan 3 hektare dan Umban Sari 1 hektare," cakapnya. 

Lanjut Martin lokasi pemakaman tersebut merupakan salah satu bagian dari RTH dan bagian dari perumahan, dari itu pihaknya ingin memperindah lokasi pemakaman agar tidak lagi ada kesan yang menyeramkan yang timbul dari kuburan tersebut. "Secepatnya akan kita lakukan langkah ini," pungkasnya. (HI)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com