Polda Riau Dalami Kasus Surat Panggilan KPK Palsu Terhadap Legislator

Polda Riau Dalami Kasus Surat Panggilan KPK Palsu Terhadap Legislator

Riauaktual.com – Polda Riau mendalami laporan atas surat panggilan palsu yang mengatasnamakan Komisi Pemberantasan Korupsi. Surat itu terkait pemanggilan atas nama anggota DPRD Riau, Irwandi, dan viral di media sosial.

Sebelumnya, KPK melalui website resminya menjelaskan, surat pemanggilan berlogo KPK yang ditujukan kepada Iwandi adalah palsu.

"Kasus tersebut (surat panggilan KPK palsu) masih diproses dan didalami,” kata Direktur Krimsus Polda Riau Kombes Andri Sudarmadi Selasa (7/7).

Andri juga membenarkan adanya pemanggilan terhadap terlapor inisial Yop. Namun, panggilan sebagai saksi itu belum membuahkan hasil, karena Yop belum datang.

"Hari ini belum datang," kata Andri singkat.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan, surat panggilan terhadap Iwandi adalah palsu. Dia menyampaikan, ada pihak yang memanfaatkan surat palsu tersebut.

"Sehubungan dengan beredarnya Surat Panggilan dengan logo Komisi Pemberantasan Korupsi yang ditujukan untuk Irwandi sebagai saksi, kami tegaskan bahwa surat panggilan tersebut PALSU dan bukan diterbitkan oleh KPK," kata Ali Fikri.

Surat yang berisikan pemanggilan terhadap Irwandi menerangkan bahwa Iwandi dipanggil sebagai saksi Tindak Pidana Korupsi Menerima hadiah atau janji terkait dengan pengangkatan dan mutasi Jabatan Eselon III, IV, dan V di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bengkalis Tahun 2017-2018.

"Hingga saat ini, KPK tidak menangani penyidikan perkara tersebut," tegasnya.

KPK juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk mewaspadai beredarnya surat panggilan palsu yang mengatasnamakan KPK.

"Jika menemukan atau mendapatkan surat serupa, masyarakat diimbau untuk menghubungi Call Center KPK 198 atau melaporkan ke kantor Kepolisian terdekat," tandasnya.

Iwandi sendiri merupakan anggota DPRD Riau fraksi PDIP periode 2019-2024 dari dapil Riau V, meliputi Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai. (San)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index