foto: istimewa

Satu Ekor Gajah Sumatera di Inhu Ditemukan Mati Dalam Kondisi Termutilasi 

Kamis, 16 April 2020 - 18:59:58 WIB Di Baca : 729 Kali


Riauaktual.com - Satu ekor Gajah Sumatera berkelamin jantan ditemukan mati di Kelurahan Kelayang, Indragiri Hulu, Riau. Hewan bertubuh besar ini ditemukan dengan belalai yang sudah terpisah dari kepalanya, dan sebagian tubuhnya juga dalam kondisi terpotong.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Suharyono, mengatakan, penemuan gajah ini pertama kali dilaporkan oleh Babhinkamtibmas Polsek Kelayang pada Rabu (15/4) sekitar pukul 14.15 wib, sore kemarin.

"Bagian depan kepala gajah luka terbuka bekas sayatan benda tajam, sedangkan gading gajah masih dalam keadaan utuh. Kemudian terlihat kondisi belalai gajah sudah terpotong dan bagian belalai lainnya masih berada di sekitar bangkai tersebut," jelas Haryono, Kamis (16/4).

Menindak lanjuti laporan tersebut, Tim Pendahulu BBKSDA langsung terjun ke lokasi bersama Kapolsek Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Tim tiba di lokasi untuk melakukan pengamanan TKP yang hanya sekitar 4 kilometer dari Kantor Camat Kelayang itu. Kemudian juga memasang garis polisi.

Sedangkan tim medis/nekropsi dan tim pengumpulan bahan keterangan di lapangan bersama dengan tim dari Ditreskrimsus Polda Riau berangkat dari Pekanbaru menuju TKP pukul 17.00 WIB.

"Gajah yang mati tersebut merupakan gajah tunggal yang telah terpisah dari rombongannya pada kantong gajah Tesso Tenggara. Dia sudah beberapa kali memasuki area pemukiman dan perkebunan masyarakat yang merupakan bagian dari wilayah jelajah (home range) gajah tersebut," jelasnya. (San)
 





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com