Syifa Khusnul Khotimah, Mahasiswa UNS Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah dari Berjualan Sari Lemon

Syifa Khusnul Khotimah, Mahasiswa UNS Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah dari Berjualan Sari Lemon
Mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Syifa Khusnul Khotimah. (Foto-foto: UNS).

Riauaktual.com - Namanya Syifa Khusnul Khotimah. Akrab disapa Syifa. Mahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjiwai benar semangat dan budaya entrepreneurship yang senantiasa ditanamkan kampus.

Syifa tak hanya mencecap teori kewirausahaan, namun mempraktikkannya langsung. Syifa menjual produk minuman kesehatan dari sari lemon yang bernama Lemonih. Produk ini dijual melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Shopee. Produk Lemonih dirintis sejak Juni 2019.

Syifa merasa saat ini banyak orang yang sadar akan kesehatan. Karena itu dia berinovasi dengan produk minuman kesehatan dengan bahan dasar lemon. Lemon dipilih karena bermanfaat baik untuk kesehatan badan mau pun kulit.

Dengan berwirausaha, Syifa dapat membuka lapangan pekerjaan bagi teman-temannya. Hingga saat ini ada enam orang yang bekerja paruh waktu. Keenam orang tersebut merupakan teman-teman sekampus Syifa.

Tentu dalam berbisnis tidak hanya hal-hal menarik saja yang dialami. Syifa mengaku pernah mengalami jatuh bangun ketika mengembangkan Lemonih.

Dulu, misalnya, dia kesulitan mencari pemasok bahan-bahan yang dibutuhkan. Alhasil dia pun pergi ke pasar tengah malam untuk menemukan supplier buah dengan kualitas baik, namun dengan harga terjangkau. Kendati demikian, mahasiswa berkaca mata ini mengaku keuntungan yang didapat selalu stabil tidak pernah mengalami kerugian.

Menurut Syifa, menjadi pengusaha itu enak. Bila berstatus pegawai, hanya sebulan sekali menunggu gaji.

”Sedangkan kalau jadi pengusaha, kita punya sesuatu dan orang langsung bayar jadi kita dapat uang hari itu juga. Terus enggak usah pusing mikirin modal dan segala macam karena teknologi sekarang udah canggih, yang penting ada kemauan, ya udah bisa jalan,” ujar Syifa dikutip dari laman resmi UNS, Kamis (30/1/2020).

Syifa berharap agar anak muda sekarang tidak perlu takut untuk memulai bisnis. Menekuni wirausaha sesungguhnya tidak sulit. Cukup dengan kemauan kuat untuk memulai, juga perlu ditambah dengan kerja keras dan cerdas.

 

 

 

Sumber: inews.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index